11 November 2016 | dilihat: 340 Kali
Trump Sosok Biasa Saja, Bukan Malaikat
noeh21
Foto: Ist

WartaOne, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tidak ingin berpolemik tentang kemenangan Donald Trump dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Sebagai penerus kepemimpinan Barack Obama, menurutnya, Trump adalah sosok yang biasa saja.

"Biasa-biasa saja. Kenapa? Memangnya dia luar biasa? Memangnya dia malaikat? Enggak bisa orang melawan Indonesia kalau semuanya bersatu," ujarnya di Jakarta, Jumat (11/11).

Ryamizard menuturkan, masyarakat Indonesia tidak perlu mencemaskan kemenangan Trump. Ia berkata, terpilihnya taipan real estate itu tidak akan menjadikan AS sebagai ancaman Indonesia. 

Kebijakan pertahanan Indonesia dan AS, kata Ryamizard, juga tidak akan berubah dalam empat tahun ke depan.

Kamis kemarin, ribuan warga AS berunjuk rasa menolak kemenangan Trump. Mereka khawatir hak asasi manusia akan terancam seiring kepemimpinan Trump.

Selama masa kampanye Trump kerap melontarkan komentar diskriminatif terhadap perempuan, kaum marjinal, imigran, bahkan umat Muslim. 

Sehari setelah Trump memenangkan pemilu AS, ribuan orang turun ke jalan di sejumlah kota, termasuk New York. Mereka mengecam presiden terpilih yang dinilai rasis dan seksis.

Trump Tower menjadi salah satu titik utama tujuan ribuan demonstran tersebut. Mereka melakukan aksi bakar bendera. Demonstrasi serupa juga terjadi di banyak negara bagian di AS. Setidaknya protes anti-Trump ini terjadi di tujuh kota.

Namun Ryamizard meminta kekhawatiran yang meluas di Amerika Serikat tidak dibawa ke Indonesia. "Jangan sampai begitu-begitu dibawa ke sini. Terlalu banyak kerjaan pemerintah," kata Ryamizard.(cnn)

Berita Terkait

00031408

Total pengunjung : 31408
Hits hari ini : 392
Total Hits : 156948
Pengunjung Online : 3

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)