12 April 2017 | dilihat: 439 Kali
Polres Kepulauan Seribu Berhasil Mediasi Konflik Tablig Akbar GMJ Di Pulau Kelapa
noeh21
 Kapolsek Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fredy Yudha Satria, Kanit I IK Res.Kep.Seribu,  Panwaslu Kab. Kep.Seribu H.Saripudin,  Unit I IK Res.Kep.Seribu dan Unit IK Sek.Kep.Srb Utara, Koramil Kep. Seribu, Bhabinkamtibmas P. Kelapa

WartaOne – Jakarta, Kegiatan masyarakat berupa Tablig Akbar dari Gerakan Muslim Jakarta (GMJ) Korwil Kepulauan Seribu hari Rabu 12 April 2017 di Lapangan Bola Pulau Kelapa Kepulauan Seribu Utara sempat terjadi konflik.

Seperti kegiatan Tablig Akbar pada umumnya yang diisi dengan pembacaan Kitab Suci Alqur’an, puji pujian (marawis), pengajian dan ceramah. Pada pkl 14.20 Wib KH. Alfian Tanjung berceramah tentang Isra Mi'raj, namun tak berapa lama berselang tiba massa dari paslon tertentu Pulo Kelapa kurang lebih 20 orang memasuki Lapangan Bola untuk memberhentikan acara tersebut dengan alasan si penceramah telah menggunakan kata "Kafir" di dalam ceramahnya.

Nampak situasi agak memanas karena dihentikannya acara tersebut. Kedua kelompok saling mempertahankan kepentingannya. Namun Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fredy Yudha Satria beserta Kanit 1 Sat IK Polres Kep.Seribu Ipda Danang berusaha menenangkan massa dari kedua belah pihak dan  melakukan negosiasi terhadap massa Paslon tersebut.

Kapolsek Kepulauan Seribu Utara juga melakukan negosiasi dengan Ketua Panitia Tablig agar acara tersebut dihentikan oleh dikarenakan situasi kurang kondusif. Dan patut dicatat bahwa kedua kelompok masyarakat sebenarnya adalah merupakan orang orang satu wilayah yang masih bersaudara. Demi kerukunan dan keamanan bersama maka semua pihak lalu menahan diri.

Kasat Intel juga melakukan negoisasi dengan  Rama sekretaris PDIP Kep.seribu dan  sudah menyatakan untuk menjaga situasi di P.Kelapa tetap kondusif serta jangan sampai terjadi gesekan fisik demi kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Melalui sambungan telepon Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fredy Yudha Satria mengatakan,”Situasi saat ini sudah aman kondusif dan terkendali, kedua kelompok massa sebenarnya masih bersaudara, mereka orang orang pulau yang berada di satu wilayah. Syukur Alhamdullilah semua sudah bisa saling menyadari demi kepentingan yang lebih luas,” Terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Kapolsek Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fredy Yudha Satria, Kanit I IK Res.Kep.Seribu,  Panwaslu Kab. Kep.Seribu H.Saripudin,  Unit I IK Res.Kep.Seribu dan Unit IK Sek.Kep.Srb Utara, Koramil Kep. Seribu, Bhabinkamtibmas P. Kelapa, Satpol PP KSU, Para Tokoh agama dan Tokoh masyarakat P. Kelapa.

Sumber : Humas Res 1000

Editor : Dharma

Berita Terkait

00036984

Total pengunjung : 36984
Hits hari ini : 34
Total Hits : 170183
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)