29 Oktober 2016 | dilihat: 1031 Kali
Dishubkominfo Sukabumi Belum Pahami Informasi Publik
noeh21
(red)

WartaOne, Pelabuhan Ratu - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana siap melaksanakan amanah Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Pemohon informasi bisa meminta informasi publik ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sukabumi sesuai SK Bupati.

Kepala Bidang Informatika Dede Danial didampingi Kepala Seksi Desiminasi Informasi Sopyan menambahkan bahwa sebagai PPID Utama di Pemkab Sukabumi siap melayani masyarakat yang ingin mendapat informasi sesuai ketentuan peraturan perundang - undangan yang berlaku.
Sebagaimana diatur dalam dalam pasal 3 Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 bertujuan

(a). Untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, proses pengambilan keputusan publik, serta alasan serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.

(b). Mendorong partsipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

(c). Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

(d). Mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisiensi, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkannya.

(e). Mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

(f). Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan

(h). Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi dilingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkwalitas.
 

Pantauan WartaOne bahwa Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Sukabumi tidak mampu menjalankan amanah Undang - undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Oleh karena itu Bupati Kabupaten Sukabumi diminta agar membuat kegiatan bimbingan teknis khususnya di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama agar supaya mampu menjalankan tugas dengan baik dan kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat diminta untuk melakukan sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik di kabupaten sukabumi sesuai isyarat Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang keterbukaan informasi publik.(Chalis/EP)

Berita Terkait

00031356

Total pengunjung : 31356
Hits hari ini : 185
Total Hits : 156741
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)