26 Oktober 2016 | dilihat: 521 Kali
Bandar Antariksa akan Dibangun di Biak dan Morotai
noeh21

Wartaone, Jakarta - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Profesor Thomas Djamaluddin menyampaikan akan  membangun fasilitas peluncuran satelit baru. Pasalnya, fasilitas peluncuran satelit milik Lapan yang berada di Garut, Jawa Barat, baru sebatas untuk roket kecil.

Adapun untuk daerah untuk membangun bandar antariksa semula ada tiga lokasi yang dapat ditawarkan, yakni Bengkulu, Morotai dan Biak. Namun lokasi yang ditawarkan itu mengerucut menjadi dua lokasi, Morotai dan Biak.

"Ada dua lokasi yang mengerucut. Jika tidak Morotai maka di Biak," ujarnya. Alasan dipilihnya dua lokasi itu karena menghadap ke Samudera Pasifik dan ke arah timur.

Dijelaskannya, baik Biak maupun Morotai, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Biak memiliki infrastruktur yang lebih baik namun kawasan Biak relatif  sudah padat penduduk sehingga perlu relokasi. Sedangkan Morotai, infrastrukturnya relatif kawasan.

"Penduduknya juga kurang padat," ujarnya.

Sedangkan lokasi mana yang akan dipilih masih akan dikaji. Indonesia diharapkan sudah memiliki bandar antariksa itu paling lambat 25 tahun mendatang. Selain untuk melayani kepentingan Indonesia sendiri, lanjutnya, juga bisa untuk layanan komersial.

"Selama ini baru ada dua lokasi bandar antariksa yang ada di kawasan katulistiwa, yakni milik Prancis di Kourou, Guyana, dan satu lagi milik Brasil,” katanya (ep/voaIslam)

 

Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 127
Total Hits : 156683
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)