29 Maret 2017 | dilihat: 1090 Kali
Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia Wilayah Jakarta Barat
noeh21
Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia Wilayah Jakarta Barat

Jakarta -  WartaOne,  Pelantikan Pengurus Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Jakarta Barat diselenggarakan di  secretariat  pada hari minggu, 26 Maret 2017 pukul 16:00 wib.

Merupakan  sebuah momen besar khususnya pecinta budaya pencak silat di wilayah Jakarta Barat,  karena pusat  penggerak secara lingkup provinsi DKI Jakarta adalah di  Jakarta barat dimana terdapat 145 Perguruan Pencak Silat dan sanggar budaya yang berada di wilayah Jakarta barat.

Acara pelantikan dibuka oleh Ketua Umum  APPSBI Awang suwanda  yang menekankan pentingnya melestarikan seni budaya lokal Nusantara yang harus terus menerus dikembangkan.

 “APPSBI  diharapkan dapat menjadi promotor  atau  mesin pengerak di jalur budaya pencak silat  yang berada di FORMI (Federasi Rekreasi Olah  Raga  Masyarakat Indonesia), maka dari itu pengurus APPSBI wilayah Jakarta barat yang telah di pilih agar bisa menjadi garda terdepan  dan  bersinergi dengan wilayah wilayah lain. Karena setiap tahun kita semua akan buat acara besar di FORNAS sebagai  ajang silahturahmi dan menunjukkan indahnya keberagaman budaya di Indonesia.  Dua tahun sekali kita akan  membuat Festival Besar Mancanegara seperti festival TAFISA 2016 yang lalu”. Ungkap Awang suwanda Ketum APPSBI dalam pelantikan pengurus Jakarta Barat, Minggu (26/03/17).

Ketua OTKB Jakarta Barat, M Abu Bakar Maulana juga menyampaikan sambutannya, “Sudah saatnya ruh-ruh budaya yang  telah hilang harus di bangkitkan dan yang sudah ada harus di lestarikan, melalui APPSBI JAKARTA BARAT, sebab di mulai dari legalitas dan garis organisasi itu jelas yang sudah di atur oleh UU nomor 3 tahun 2005 tentang Olahraga, Budaya. Mayoritas perguruan dan sanggar seni budaya yang ada di Jakarta barat itu terbanyak di antara tempat – tempat lain, saatnya pengurus APPSBI jakarta Barat yang nanti terpilih semoga bisa membawa ketempat yang tepat hingga mengaung di kancah dunia. “Ujarnya.

Dewan Pakar Bang Tirta Maestro juga menambahkan, “ Semua yang berada di dalam APPSBI itu bergerak untuk budaya, tidak ada menang tidak ada kalah. Semua sama satu tujuan melestarikan budaya pencak silat seluruh nusantara , mau dari betawi, jawa, Sumatra dan sebagainya  harus  kita lestarikan. Melalui  APPSBI  ini diharapkan  akan membawa budaya pencak silat  jauh lebih  berkembang  dari  sebelumnya,”harapnya.

Setelah sambutan – sambutan di lanjutkan proses pembentukan Struktur Pengurus APPSBI Jakarta Barat . Struktur kepengurusan dibentuk  dengan  Voting  suara dari 14 orang dewan perwakilan dari masing – masing perguruan serta sanggar.

Hasil voting memunculkan  suara terbanyak kepada  Rendy Rahmat dari Sanggar Sekojor joglo, Sebagai KETUA APPSBI JAKARTA BARAT , lalu Ketua I  Erwin dari Sejagat Bumi Duri Kosambi, Ketua II  Iwan Setiawan dari Sanggar Selodor Kalideres dan di bantu  oleh para  pengurus lainya.

Rendy Rahmat sebagai Ketua terpilih mengatakan, “Amanat ini telah di percayakan kepada saya dan di bantu oleh para pengurus,insya allah saya siap dengan jalur yang benar. Karena kecintaan saya terhadap budaya khususnya pencaksilatsudah mengalir dari kecil. Maka saya ingin Para Pengurus  dan anggota APPSBI JAKARTA BARAT bekerjasama  dalam  tim  dan kemitraan yang terkait tentang budaya, olahraga, dan pendidikan.  Agar organisasi kita betul sesuai koridor AD/ART APPSBI. Saya menambahkan jika nanti persoalan polemik yang ada jangan  di ambil  dari  segi perbedaan, tapi ambilah dari segi persamaan. Karena APPSBI khususnya Jakarta Barat itu ada untuk semua Pegiat Budaya ,”Pungkasnya.

(Rep. : Tasrif ; Editor : Dh.L)

Berita Terkait

00031352

Total pengunjung : 31352
Hits hari ini : 74
Total Hits : 156630
Pengunjung Online : 5

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)