10 April 2017 | dilihat: 683 Kali
BALAI ARKEOLOGI JOGJA TELITI BEBERAPA LOKASI PENINGGALAN DIPONEGORO DI KEBUMEN
noeh21

Wartaone.net - Kebumen,, Balai Arkeologi (Balar) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penelitian terkait beberapa situs yang ada di Kabupaten Kebumen (07/04/17). Penelitian dipimpin langsung oleh Kepala Balar Yogyakarta Siswanto, MA. dengan membawa 4 anggotanya. Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari hasil laporan warga yang sebelumnya bersama dengan Yayasan Wahyu Pancasila meninjau tempat yang diduga situs peninggalan dimasa lampau.

Beberapa lokasi yang diteliti diantaranya adalah Pesanggrahan Kejawang, kompleks Makam Kuwu Panjer Desa Karangsari Kec. Sruweng, Arca Bonang dan Goa Langse. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 5 sampai dengan 7 April 2017 bersama Yayasan Wahyu Pancasila, Dinas Pendidikan Kab. Kebumen Bidang Kebudayaan Kabupaten Kebumen, Pemerintah desa setempat dan sejumlah warga.

Dari beberapa lokasi penelitian, salah satu titik yang difokuskan adalah Pesanggrahan Kejawang. Seperti yang diberitakan oleh wartaone.net sebelumnya, tempat tersebut merupakan pesanggrahan/kediaman Pangeran Dipanegara selama perang di Bagelen hingga perundingan di Magelang.

Menurut Ravie Ananda yang mengikuti dari awal proses pelaporan sampai penelitian bersama Bambang Eko Susilo Hadi,S.Pd "Bangunan tersebut diduga bekas peradaban lampau dengan struktur punden berundak yang memanfaatkan batuan-batuan sekitar."

Di akhir penelitiannya Balar Yogyakarta turut mengunjungi Museum LIPI Karangsambung untuk menambah informasi dari segi jenis batuan. Setelah dari LIPI, kemudian menuju Goa Langse sebagai tempat yang diduga berpotensi merupakan peninggalan terdahulu. Siswanto menjelaskan bahwa, "Goa yang berpotensi memiliki nilai sejarah atau merupakan tempat tinggal terdahalu diantaranya, Dekat dengan sumber air, terdapat batuan yang dapat digunakan sebagai alat untuk berburu kemudian tempat berburu/sumber mencari makan(buruan)."

Hasil penelitian ini masih dalam proses pengkajian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta.

Sebagai informasi, Balai Arkeologi Yogyakarta sebelumnya telah melakukan penelitian di Kebumen terkait adanya situs peninggalan di Kalipuru. (fd/hq)

Berita Terkait

00030903

Total pengunjung : 30903
Hits hari ini : 129
Total Hits : 155775
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)