02 Juli 2018 | dilihat: 11490 Kali
Deklarasi HPI :
Maskur Husain. SH Siap Beri Bantuan Hukum Kepada Anggota HPI
noeh21
Foto bersama pengurus dan anggota HPI dari berbagai wilayah di Indonesia

Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) secara resmi telah dideklarasikan di Denpasar, Bali (2/7/2018). Pengacara Maskur Husain. SH didaulat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Usai terpilih,  Maskur Husain siap memberi bantuan hukum kepada para anggota HPI di seluruh Indonesia.

WartaOne.net - Puluhan Jurnalis, pemilik media serta insan Pers dari berbagai daerah di tanah air, berkumpul mendeklarasikan dibentuknya Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) di Denpasar, Bali. Seabrek agenda siap dilaksanakan pasca momentum deklarasi ini digelar.

Para insan Pers yang datang di acara deklarasi HPI berasal dari wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan NTT. Hadir pula pendiri HPI juga jajaran pengurus DPP yang baru saja dibentuk. 

Acara diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjut kemudian dengan penyampaian pidato dari pendiri HPI, Bendahara dan ditutup sambutan Maskur Husain. SH selaku Ketua Umum HPI terpilih.

Dalam sambutannya, Maskur Husain mengajak segenap insan Pers dimana pun berada untuk bergabung bersama HPI.

"Ada banyak keuntungan yang akan didapat para insan Pers jika bergabung dengan HPI. Sebagai Ketua Umum terpilih, salah satunya saya akan memberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada para anggota HPI apabila menghadapi kasus hukum, baik itu secara pribadi maupun secara keanggotaan." papar pria kelahiran Tidore, Maluku Utara ini.

Maskur Husain juga menandaskan perlunya para Wartawan mendapat perlindungan hukum karena profesi ini rentan sekali dengan hukum, khususnya bagi para pewarta yang terbiasa meliput kasus-kasus dugaan korupsi yang menjerat sejumlah pejabat publik.

Sementara itu Ketua Umum DPP IMO (Ikatan Media Online) yang juga pendiri HPI, Yakub Ismail, mengatakan dalam sambutannya, bahwa dibentuknya HPI menjadi angin segar bagi insan Pers tanah air.

"Deklarasi ini sah secara administratif karena dihadiri sejumlah perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia. Mereka datang dengan kocek sendiri tanpa paksaan, semata untuk mengikuti deklarasi HPI. Ini jelas menjadi angin segar bagi insan Pers lintas media. 

Masih menurut Yakub, usai pendeklarasian, serangkaian kegiatan akan kembali dilaksanakan. Salah satunya HPI akan menggelar Munas atau Kongres yang sedianya akan dilaksanakan di Ternate, Maluku Utara pada tahun 2018 ini.

Puncak deklarasi HPI ditandai dengan pembacaan deklarasi secara bersama-sama. Berikut bunyi Deklarasi HPI,

Kami insan Pers lintas media Indonesia dengan ini mendeklarasikan Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) sebagai wadah profesi Jurnalis sekaligus sebagai rumah besar masyarakat Pers Indonesia.

Kepastian kenyamanan serta keselamatan dalam menjalankan profesi menjadi hal yang utama. Untuk itu HPI hadir sebagai wadah bagi insan Pers dalam mengedukasi guna meningkatkan kompetensi para Jurnalis tanah air dalam menjalankan tugas profesinya.

Bali, 2 Juli 2018
Panitia Deklarasi
Himpunan Pewarta Indonesia

Berita Terkait

00026500

Total pengunjung : 26500
Hits hari ini : 99
Total Hits : 127030
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)