13 Desember 2016 | dilihat: 1486 Kali
Apakah Tahanan Politik Menangis Seperti Ahok?
noeh21
Basuki Tjahaja Purnama (ist)

WartaOne, Jakarta - Persidangan perdana dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memunculkan nama keluarga besar Andi Baso Amir. Dalam persidangan yang berlangsung Selasa (13/12) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara itu, Ahok menangis saat membacakan nota keberatannya. 

Anggota tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sirra Prayuna mengatakan kliennya sangat sedih dan itu adalah sikap batinnya mengingat kultur yang selama ini membesarkannya. Ahok menceritakan dia adalah bagian keluarga besar Andi Baso Amir dan sudah diangkat sebagai anak oleh keluarga yang asal Sulawesi Selatan itu. Andi Baso Amir adalah sosok terpandang masyarakat Sulsel, mantan Bupati Bone dan merupakan adik dari almarhum Jenderal M Jusuf. 

Berbagai reaksi pun muncul dengan suasana sidang yang diwarnai air mata Ahok. Analis Komunikasi Politik dan Kebangsaan yang juga dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Arqam Azikin mengatakan, sebagai terdakwa kasus penistaan agama, Ahok tidak perlu menyebut-nyebut suku Bugis dalam persidangannya.

"Tak ada hubungan yang substansial antara suku Bugis dan status terdakwanya Ahok. Hubungan personal Ahok dengan siapapun warga Bugis, tidak perlu menjadi sampel dalam proses pembelaannya di Pengadilan. Itu tidak relevan," kata Arqam kepada

Netizen di jejaring media sosial pun menanggapi beragam terhadap tangisan Ahok tersebut. Ada yang meminta agar tangisan Ahok tidak mempengaruhi putusan majelis hakim dalam memutus kasus tersebut.

"Apa tahanan2 politik yg bikin pledoi spt Hatta, Sukarno, @RizalRamli, @harryazharazis, dll, nangis terisak pas bacain naskah mrk? Cuma nanya," kata Indra J Piliang dalam akun Twitter pribadinya, Selasa (13/12).

"Dengan #sidangahok mari dukung #hukumahok sesuai ketentuan yg berlaku, jangan tertipu dengan #sandiwaraahok (dah gitu aja) *ikut TT," kata pemilik akun Twitter Fikri Bariz.

"Dibodohi pakai #AirMataBuaya #SidangAhok.... tangkap Ahok... tegakan hukum," kata pemilik akun @linggamusropih.

"Jadi jangan percaya sama...., kan bisa saja dalam hati kecil Bapak Ibu..., dibohongi pake air..., macem macem gitu #SidangAhok #AirMataBuaya," kata pemilik akun @oki_tahkik.

"Melihat #SidangAhok. Doi nangis, mungkin #AirMataBuaya nya berharap ada #DoaUntukAhok dan rasa iba. harusnya btp hati-hati jika bicara," kata pemilik akun Ahmad Lutfi.

"Kemarin sok keras sekarang mewek kayak anak kecil #AirMataBuaya #Sidang Ahok," kata pemilik akun Randi Gunawan.

"Gw pny tmn kecil yg nakal,suka berantem sm yg lbh gede,prnh bonyok pas plg tp ga nangis. Krn jagoan ga akan nangis didepan umum #SidangAhok," kata pemilik akun Miftahul Huda.

Namun ada juga yang tetap mendukung Ahok dalam sidangnya tersebut. "Semoga bapak selalu dilindungi yang maha kuasa @basuki_btp #SidangAhok," kata pemilik akun Gede Sueca Arimbawa. (temp/rep/ep)

Berita Terkait

00031405

Total pengunjung : 31405
Hits hari ini : 363
Total Hits : 156919
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)