04 April 2017 | dilihat: 556 Kali
Sejumlah Lembaga Pendidikan Berprestasi di  OKU Terima CSR  PT. Semen Baturaja
noeh21
Sejumlah Pendidikan di OKU Acungkan Jempol untuk PTSB

WartaOne – Baturaja,  Sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten OKU mendapat bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR)   PT. Semen Baturaja (PTSB).

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

 Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.

Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya

CSR PT. Semen Baturaja kali ini diberikan kepada beberapa sekolah yang berprestasi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan. Bantuan dari PT Semen Baturaja berupa fasilitas umum seperti klosset jongkok dan semen untuk keperluan melengkapi fasilitas bersama di sekolah.

Sejumlah sekolah yang sudah mendapat bantuan antara lain, SMPN 13 OKU , bantuan berupa10 unit klosset jongkok dan 30 sak semen.

Bantuan yang disalurkan dari Corporate Social Rresponsibility (CSR) semen kebanggaan warga OKU ini diserahkan oleh Kepala Biro Bina Lingkungan Merdiadi ST yang diwakili Kepala Bagian Kemitraan dan Bina Lingkungan (KBL) Harry Cahyanto.

Bantuan diterima oleh Ketua Komite SPMN 13 OKU, Sofian dan Kepala Sekolah Syaihon Sp.d.,  MM.  Penyerahan bantuan diantar langsung oleh Kabag KBL PT Semen Baturaja (persrero) Tbk Harry Cahyanto ke Sekolah SMPN 13 OKU.

Sementara itu beberapa sekolah yang sudah mendapat bantuan dari PTSB antara lain, SMPN 23 OKU sebagai sekolah dambaan, SMPN 1 OKU sebagai sekolah yang memang sudah terkenal sebagai sekolah Favorit yang memiliki segudang prestasi.

Kemudian SMAN 1 OKU juga sebagai sekolah favorit yang sudah banyak mengukir prestasi. SMAN 4 OKU sebagai sekolah unggulan, lalu SDN 11 sebagai sekolah rujukan yang sudah meraih prestasi sebagai sekolah sehat hingga ke tingkat nasional.

Lalu Sekolah Islam Terpadu Tunas Cendikia Baturaja , satu-satunya sekolah swasta yang mendapat bantuan dari PTSB karena sudah mengukir prestasi meraih medali dalam olympiade matematika tingkat nasional tahun lalu.

Terpisah Kabag KBL PTSB, Harry Cahyanto yang dikonfirmasi, mengatakan bantuan ini diberikan khusus kepada sekolah-sekolah yang berprestasi diberbagai bidang.

Tujuan pemberian bantuan untuk memacu semangat pihak sekolah agar terus berkompetisi untuk mendulang prestasi. “ Ini hanya bentuk support kepada pihak skeolah-sekolah yang sudah berprestasi,” terang Kabag KBL PTSB seraya menambahkan dananya diambil dari CSR PTSB.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu DR. Drs. H. Akhmad Tarmizi SE., MT., Msi yang dihubungi terpisah memberikan respon positif kepada pihak PT Semen Baturaja. (Jum)

Berita Terkait

00031405

Total pengunjung : 31405
Hits hari ini : 364
Total Hits : 156920
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)