24 Desember 2016 | dilihat: 1168 Kali
Pentingnya Peran Ulama Dalam Pemerintahan
noeh21

WartaOne, Jakarta- Pondok Pesantren Darussa’adah Petanahan Kebumen mengadakan roadshow dengan temu alumni di  beberapa kota dalam rangka memperkuat hubungan silaturahmi atas sesama alumni PP Darussa’adah serta napak tilas dan berziarah ke makam para ulama  di beberapa kota.

Pada pertemuan alumni PP Darussa’adah seluruh Jakarta, bertempat di Masjid Al-Islah Tanjung Priok Jakarta Utara, Kyai Adib Amrullah yang juga lulusan al-Azhar Mesir menekankan pentingnya menyambung silaturahmi dan mendoakan para guru serta para ulama  agar senantiasa mendapatkan berkah dan manfaat.

Hadir dalam pertemuan itu diantaranya, Kyai Imam Sibaweh dan Kyai Tajudin Zuhri, Ketua alumni Kyai Abdul Latip dan Ketua panitia Kang Idris, serta dihadiri juga oleh jajaran pengurus seperti Kyai Tajudin, (putera alm.KH. Imam Muzani /pendiri PKB Kebumen), dan lain-lain.

Senada dengan Kyai Adib, Kyai tajudin subkhi mengatakan, menyambung silaturahmi antar alumni itu suatu hal yang sangat dianjurkan, utamanya agar syiar tentang pentingnya mengajarkan apa yang sudah didapat di pesantren dapat dijalankan para alumni(mutahorijin) untuk membentuk jiwa-jiwa yang jujur dan amanah dimanapun mereka berada.

Pada kesempatan yang sama, Kyai Imam Sibaweh, mantan anggota DPRD Kabupaten Kebumen yang juga kakak dari calon Wakil Bupati Kebumen, Afifah Choiriyah, mengajak para santri dan alumni untuk rutin mengadakan kegiatan silaturahmi, ziarah dan kegiatan keagamaan lainnya agar senantiasa mengingat sang pencipta.

Ketika disinggung tentang ramainya KPK atas penangkapan beberapa pejabat di Kebumen, Kyai Imam menegaskan,  kejadian di Kebumen itu bagus untuk shock therapy penyelenggara pemerintahan agar senantiasa sungguh-sungguh dan berhati-hati dalam menjalankan roda pemerintahan

“Nanti setelah proses ini selesai tentunya penyelenggara pemerintah akan lebih tertib dan lebih berhati-hati, terutama menyangkut penggunaan anggaran supaya lebih transparan serta amanah,” ucapnya. 

Kyai Imam juga mengatakan, pentingnya peran ulama dalam roda pemerintahan, karna politik juga merupakan satu dari sekian banyak jalan untuk menegakkan syariat Islam. Selain itu, Politik pun merupakan bagian dari sesuatu yang bisa  menegakkan syariat.

Roadshow PP Darussa’adah dimulai pada hari Jum’at (23/12/2016). Dari Kebumen menuju Ciamis, dengan agenda temu alumni di Langgen Ciamis, dilanjutkan dengan ziarah Mbah Sanusi pada pukul 23.00. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Pandeglang Banten, Ziarah Abuya Dimyati.

Pada Sabtu, 24/12/2016, pertemuan alumni PP Darussa’adah Jakarta dan sekitarnya di Papanggo, Tanjung Priuk, Jakarta Utara hingga pukul 17.30, berlanjut ke temu alumni Munjul Subang sekaligus Maulid Nabi, pukul 22.00-2400.

Setelah acara tersebut, rombongan meneruskan perjalanan menuju Mundu, Cirebon yang diperkirakan tiba pukul 03.00, untuk ziarah Pangeran Raja Muhammad, dilanjutkan ziarah Sunan Gunung Djati, Cirebon.

Sebelum kembali ke Pondok Pesantren Darussa’adah Petanahan, Kebumen, terlebih dulu ziarah KH. Bunyamin dan Nyai Sa’adah serta temu alumni Cirebon dan sekitarnya. (HQ)

Berita Terkait

00031404

Total pengunjung : 31404
Hits hari ini : 307
Total Hits : 156863
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)