17 Februari 2017 | dilihat: 914 Kali
Gerakan Muslimah Memilih Pemimpin
noeh21
(dok)

WartaOne, Jakarta – Era Global yang melesat cepat bersamaan dengan perkembangan teknologi, dan  penyusupan tatanan sosial asing  yang suka tidak suka menjadi ancaman tersendiri bagi peradaban bangsa. Hendaknya menjadi perhatian tersendiri bagi setiap pemerhati kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketika wajah negara bangsa ini mulai carut marut, seiring dengan penguasa yang tengah berkuasa tidak lagi pandai bercermin, tidak lagi pandai intropeksi diri, tidak cakap lagi dalam menentukan kebijakan, maka setiap warga bangsa harus menyingsingkan lengan baju untuk meluruskan segala ketimpangan yang bakal mendera.

Begitupun, ketika perjalanan politik mulai tidak sehat, yang mana pada waktu belakangan ini hanya menjadi domain laki-laki, maka sudah saatnya wanita kembali mengambil peran, seperti yang pernah terjadi pada era-era tempo dulu. Atau, setidaknya, wanita bisa menjadi ‘penutur’ dalam menentukan arah, kemana bangsa ini mau dibawa.      

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa wanita adalah tiang negara. Terkait dengan perpolitikan tanah air, sudah saatnya kiprah wanita dibangkitkan, tidak semata-mata atas dasar persamaan hak (emansipasi) tapi lebih dalam kerangka kontribusi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian daripada itu, wanita juga berkewajiban untuk ‘melek’ politik terkait dengan haknya sebagai warga negara yang dijamin oleh Undang-undang.   

Berangkat dari hal tersebut, empat orang aktivis muslimah eksponen Gerakan Aksi damai 212 menginisiasi terbentuknya Gerakan Muslim Memilih Pemimpin (GMPP). Mereka adalah, Neno Warisman, Fahira Idris, Peggy Melati Sukma dan Syifa Fauzia (puteri alm. Hj. Tuty Alawiyah).

GMMP yang terdiri dari dua bagian besar yaitu SIMPUL GMMP dan RELAWAN GMMP adalah para muslimah aktivis ( mujahidah ) dari latar belakang profesi apapun, usia 21 tahun ke atas, bersedia bergabung dengan senantiasa meluruskan niat demi mencari ridha Allah semata.

* Simpul GMMP yaitu para pucuk muslimah mujahidah atau koordinator yang mencari, mengkoordinir, memimpin 50 relawan aktif GMMP di bawahnya.

* Relawan GMMP yaitu muslimah siapa saja yang ingin bergabung di GMMP sebagai wujud kepedulian

GMMP yang diluncurkan secara resmi pada tanggal 3 Februari 2017 ini diproyeksikan menjadi gerakan nasional yang bersifat independen atau tidak beraviliasi dengan partai apapun atau pasangan calon manapun termasuk dengan Pilkada DKI Jakarta.

Didirikannya GMMP juga bertujuan untuk berkontribusi mengawal proses politik agar lebih jujur, adil sesuai dengan ajaran Islam serta turut memperjuangkan daerah muslim yang bercita-cita mengimplementasikan sifat Sidiq, Tablig, Amanah dan Fathonah demi masa depan generasi penerus yang Islami.

Namun begitu, tidak ada ketentuan pelarangan bagi anggota GMMP yang iingin mendukung pasangan calon Kepala Daerah muslim. Hanya saja, ketika bertugas sebagai relawan GMMP,  harus menanggalkan keberpihakannya kepada setiap pasangan calon. Dengan kata lain, harus netral.

Relawan GMMP bersifat nasional, bisa datang dari wilayah manapun, yang akan membentuk simpul-simpul kerelawanannya di wilayah masing-masing, dan dapat bergerak menuju wilayah lain dalam melaksanakan kerelawanannya, termasuk mengawal proses politik yang terjadi di seantero negeri Indonesia.

Terkait dengan Pilkada DKI Jakarta lalu, GMMP  berkontribusi dengan menerjunkan relawan mujahidah di setiap TPS yang berjumlah sekitar 13.000 TPS. Selain itu, untuk Pilkada DKI Jakarta, GMMP menempatkan relawannya pada Group Riset Potential atau GRP sebagai lembaga riset marketing  dengan pengalaman kerja lebih dari 20 tahun yang saat ini sudah terdaftar di KPUD.

Dalam menjalankan tugasnya, relawan GMMP tidak menerima bayaran apapun, dengan tugas memantau jalannya proses pemilihan hingga pengumumuan hasil suara, melaporkan apabila terdapat kecurangan dan menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk di TPS.

Selain melakukan kerja-kerja relawan, GMMP juga bekerjasama dengan Advokat Cinta Tanah Air atau ACTA untuk perlindungan hukum dan/atau advokasi bagi aktivitas GMMP. (ep)

Selamat berjuang untuk kita semua!! Hasbunallah wani'mal wakeel!!

Allahu Akbar!!                        

Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 107
Total Hits : 156663
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)