21 Desember 2016 | dilihat: 1172 Kali
Sahril : Kinerja Pemprov Malut, Bobrok!
noeh21
Sahril Taher (ist)

WartaOne, Sofifi - Ketua Fraksi Amanat Indonesia Raya (AIR) DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) Sahril Taher, menilai kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut sepanjang 3 tahun terakhir ini benar-benar amburadul.

Pemprov Malut dituding sering mengulangi kesalahan yang sama dari tahun ke tahun, dalam hal penyiapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) karena selalu terlambat dari alur tahapannya.

“Ini artinya pemerintahan ini sudah bobrok, sudah rusak ini. Tapi kok gubernur seakan-akan tidak ada masalah gitu, seakan-akan enjoy dengan jabatannya. Itu yang saya herankan,” ujar Sahril.

Lanjut Sahril, misalnya untuk persiapan pembahasan APBD Induk 2017 ini, pemprov bahkan belum menyampaikan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2017. Padahal, waktu yang tersisa tinggal 12 hari lagi.

“Baru KUA PPAS saja sudah tidak bisa, apalagi APBD nya. Jadi saya pastikan APBD ini nanti selesai dibahas petengahan bahkan akhir Januari,” katanya.

Menurut dia, sudah tentu bila APBD terlambat dibahas maka Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba beserta seluruh pimpinan dan anggota DPRD Malut tidak digaji selama 6 bulan sebagai sanksinya.

Namun, lanjutnya yang terpenting akibat dari keterlambatan pengesahan APBD 2017 dipastikan akan berdampak buruk terhadap perekonomian di Malut, dan rakyat lah yang akan dirugikan.

“Kita provinsi harus malu kepada pemerintah kabupaten kota, kenapa? kok pengelolaan pemerintahan provinsi yang menjadi contoh rusak begini,” tegasnya.

Dia pun menyarankan, hal ini harus diseriusi Gubernur Abdul Gani Kasuba, dengan cara mengevaluasi seluruh kabinetnya, menggantikan pejabat yang dianggap tak memiliki kemampuan, serta kembali mengikuti siklus beranggaran yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pak gubernur harus mengambil sikap tegas, karena sudah 3 tahun ini terus terlambat pembahasannya,” tutup politisi Partai Gerindra ini.

Berita Terkait

00031404

Total pengunjung : 31404
Hits hari ini : 289
Total Hits : 156845
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)