07 November 2016 | dilihat: 324 Kali
Kapal TKI Tenggelam, Mana Tanggungjawab Nusron?
noeh21
Foto: Ist

WartaOne, Jakarta – Sebanyak 54 orang ditemukan meninggal dalam kecelakaan kapal pengangkut TKI ilegal dari Johor Malaysia yang tenggelam setelah diterjang ombak besar saat berada di perairan Batam pada Rabu (02/11/2016) dini hari.

Kapal berjenis speedboat bermesin 200 PK X 4 yang tenggelam di perairan Nongsa  itu diperkirakan mengangkut sekitar 96 orang penumpang yang terdiri dari perempuan dan anak-anak.

Terkait dengan insiden tersebut, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid dinilai sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf Macan Effendi.

Menurut Dede, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid , kurang perduli atas insiden yang menimpa nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini. Nusron lebih sibuk pada urusan Pilkada DKI Jakarta ketimbang mengutamakan tugasnya sebagai Kepala BNP2TKI.

"Peristiwa yang sudah hampir seminggu ini pada dasarnya menjadi salah satu tanggung jawab BNP2TKI," katanya saat dihubungi (viva), Senin, 7 November 2016.

Dede juga mengatakan, sebagai politisi, tentu ada tuntutan dan tanggungjawab terhadap partai politik masing-masing. Namun begitu,  tugas negara harus di atas segalanya.  

Politisi Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu berpesan agar  Nusron lebih fokus kepada pekerjaanya sebagai kepala BNP2TKI ketimbang menyibukan diri di Pilgub DKI Jakarta.

“Ketika disumpah menjadi pejabat,  tugas negara harus lebih  utama ketimbang kepentingan kelompok atau lainnya dan ini berlaku bagi semua pejabat," tegasnya.

Dengan demikian Dede menegaskan, komisinya yang membidangi ketenagakerjaan akan memanggil Nusron ketika DPR memasuki masa sidang untuk mempertanyakan kinerja BNP2TKI khususnya terkait dengan korban tewasnya para TKI yang tenggelam tersebut.

Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Utama BNP2TKI Hermono menerangkan, bahwa TKI yang menjadi korban tewas speedboad tersebut berjumlah berjumlah 54 orang. 12 di antaranya yang sudah teridentifikasi.(ep/ant/viva)

 

Berita Terkait

00030898

Total pengunjung : 30898
Hits hari ini : 37
Total Hits : 155683
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)