08 April 2017 | dilihat: 2360 Kali
Goa Jatijajar Kebumen, Suatu Karya Indah Bernuansa Dunia Lain
noeh21

Kebumen, WartaOne.net - Salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Kebumen adalah Goa Jatijajar yang sungguh sangat disayangkan bagi penikmat wisata Nusantara apabila belum pernah mengunjunginya, Goa Jatijajar memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dikarenakan Goa Jatijajar ini terbentuk oleh fenomena alam selama ribuan tahun yang lalu sehingga memunculkan sebuah karya indah yang menawarkan nuansa dunia lain kepada pengunjungnya. Goa Jatijajar juga merupakan tempat untuk berpetualang di perut bumi, namun memiliki nuansa santai dan menyenangkan.

Saat ini wajah baru wisata Jatijajar telah dilengkapi dengan fasilitas yang semakin lengkap dengan adanya taman dan terminal.

Seorang pengunjung bernama Sukirno (41) yang membawa rombongan keluarga besarnya menyampaikan bahwa “setelah mendengar dari teman-teman saya bahwa Jatijajar sekarang sudah dibangun, saya membawa keluarga untuk menyaksikan langsung tempat ini dan ternyata memang sekarang lebih bagus dan semakin nyaman, tidak sia-sia kami jauh dari Kutowinangun datang kemari" ujarnya.

Goa Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur sekitar 42 km arah barat Kebumen tersebut terdapat ruang tiket modern dan taman cantik untuk bermain para pengunjung. Setiap sore dikunjungi muda mudi disekitar wilayah Jatijajar untuk sekedar bermain seperti sepatu roda, Skate board, sepeda gunung dan komunitas-komunitas permainan anak-anak. Fasilitas lain juga terdapat Mushola, food court, lahan parkir yang diperlebar, peta wisata dan juga Rest Area.

Namun pada saat itu kondisi tidak berbanding lurus dengan kondisi infrastruktur jalan yang menuju ke arah lokasi wisata Jatijajar, kondisinya masih banyak yang memprihatinkan, jalan alternatif ke Jatijajar dari arah Pringtutul Rowokele, kemudian jalan utama di sekitar Hotel Puspita dan sekitar masih perlu banyak perbaikan, belum lagi jalur-jalur alternatif lainnya juga banyak yang kurang mendukung kondisinya.

Seperti diketahui pembangunan renovasi objek Wisata Goa Jatijajar yang bertujuan untuk meningkatkan minat pengunjung tersebut menggunakan dana APBD sebesar Rp 10 milyar. Adapun pembangunnnya meliputi pembuatan jalur baru yang berada di sebelah barat Goa Jatijajar. Pembangunan area parkir yang luas, pembanguan jalan di Goa Dempok serta wahana permainan anak-anak.

Sejak tahun 1975 pembangunan di obyek wisata Goa Jatijajar baru dilakukan lagi proyek renovasinya tahun 2016 dan kemudian dapat dinikmati para pengunjung tahun 2017 ini.

Goa yang keseluruhannya terbentuk dari batuan kapur ini, memiliki panjang 250 meter. Ini jika diukur dari pintu masuk sampai keluar dengan lebar rata-rata 15 meter. Dalam sejarahnya, goa ini pertama ditemukan oleh salah seorang petani bernama Jaya menawi pada tahun 1802.

Pada awalnya pintu gua tertutup oleh tanah, setelah tanah yang menutupi dibongkar dan dibuang, ditemukanlah pintu gua yang sekarang menjadi pintu masuk. Kemudian Goa Jatijajar dibangun dan dikembangkan menjadi obyek wisata pada tahun 1975. Kala itu Kabupaten Kebumen berada dibawah kepemimpinan Bupati Supeno Suryodiprojo. (hq/rdr)

Berita Terkait

00030898

Total pengunjung : 30898
Hits hari ini : 42
Total Hits : 155688
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)