20 April 2017 | dilihat: 1210 Kali
OPINI
GUBERNUR DKI YANG BARU HARUS SEGERA MENDAUR ULANG LIMBAH POLITIK SARA
noeh21
Dharma Leksana, S.Th., M.Si.

WartaOne – Jakarta, Tidak dapat kita sangkal dalam peristiwa Pemilihan Kepala Daerah DKI (Pilkada DKI)  terjadi banyak sekali moment yang memanfaatkan isu SARA dalam berkampanye yang menghasilkan “Limbah Politik beracun” terhadap kebhinekaan di negeri ini.

Terkoyaknya jaring Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat menimbulkan luka luka politis yang mau tidak mau harus segera diobati. Bagi penulis, Tugas Gubernur DKI baru  yang mendesak  adalah mendaur ulang limbah politik Pilkada DKI sehingga tidak menjadi limbah beracun yang akan mematikan Bhineka Tunggal Ika.

Perasaan aman yang terganggu, toleransi yang terkoyak, dihantui terorisme, dihantui ekstremisme, dihantui radikalisme. Masyarakat harus segera diberi referensi baru nilai-nilai dalam mengelola keberagaman di Indonesia. Keberagaman dalam perbedaan latar belakang, warna kulit, agama, budaya seharusnya tidak jadi penghalang untuk bersatu dan membangun solidaritas yang kokoh. Kodrat Indonesia adalah mengelola keberagaman, mengelola kemajemukan, mengelola kebhinnekaan demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Hanya dengan bersatu Indonesia dapat menjadi sejahtera. Hanya dengan persatuan Indonesia keamanan seluruh bangsa akan terjamin.

Tercemarnya nilai nilai  Bhineka Tunggal Ika akibat pertarungan politik menyisakan luka, baik kepada yang kalah maupun kepada para pendukungnya. Pilkada DKI 2017 ini menjadi barometer pesta demokrasi nasional tahun 2019 dalam perhelatan Pilpres nanti. Mendesak. Rusaknya jaring kebhinekaan akan semakin terkoyak apabila tidak segera dibenahi.

Harapan saya kepada Gubenur DKI yang baru adalah bersegera mendaur ulang limbah politik, jangan biarkan limbah politik beracun mencemari semakin luas kebhinekaan yang adalah kodrat yang bagi bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh : Dharma Leksana

(Wakil Pemimpin Redaksi)

Berita Terkait

00036997

Total pengunjung : 36997
Hits hari ini : 101
Total Hits : 170250
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)