30 Juni 2019 | dilihat: 177 Kali
Potret Eratnya Persaudaraaan Masyarakat Malut Perantauan
noeh21
Ketua Umum HIKMU Margarito Kamis menghadiri acara Halal bi Halal Himpunan Keluarga Maluku Utara se-JABODETABEK
Gelaran Halal Bihalal masyarakat Maluku Utara yang digagas dan diprakarsai Humpunan Keluarga Maluku Utara (Hikmu) berlangsung meriah dan semarak. Ribuan masyarakat Malut perantauan se-Jabodetabek bertemu, bersilaturhmi, saling meminta maaf dan melepas rindu.

Wartaone.net - Bertempat di Gelanggan Olahraga (GOR) Tanjung Priok, Jakarta Utara, hajatan akbar Halal Bihalal masyarakat Maluku Utara se-Jaodetabek dalam rangka hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H digelar oleh Hikmu, Sabtu (29/6/2019).

Acara dimulai jam 11 siang dengan serangkaian kegiatan, mulai dari pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an, sejumlah kata sambutan dari panitia hingga diakhiri dengan hiburan yang diisi oleh putra-putri Maluku Utara yang memiliki talenta bernyanyi dan dunia seni.

Selain itu halal bihalal diramaikan juga oleh penampilan penyanyi dan komedian Ibukota seperti, komedian Daus Mini dan Murfi Sembako, penyanyi Zilvana Herman serta Diana Putri.

Hadir dalam halal bihalal ini antara lain, pakar Hukum Tata Negara Margrito Kamis yang juga Ketua Umum Hikmu, Taufik Madjid, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT, Maskur Husain, Pengacara sekaligus pemilik media Wartaone cetak dan online, tokoh masyarakat, alim ulama, sesepuh masyarakat Malut perantauan, serta masih banyak lainnya.

Kehadiran penyanyi asal Ternate, Maluku Utara, Soraya Ternate Q Academy Indosiar, serta juara Putri Citra Indonesia yang juga putri asal Malut, Fharizka Salsabila juga menyita seluruh undangan yang hadir. Selain kedua publik figur ini, tampil pula menghibur kelompok vokal Vylonga serta Manuru Band yang melantunkan sejumlah lalu Maluku Utara.

Sementara itu, Maskur Husain atau biasa disapa Alex Gamalama sebagai owner label musik Selti Gamyou Production yang juga putra daerah, ikut bernyanyi membawakan lagu-lagu Malut yang dibesut dari kantong albumnya Popeda T&T.

"Saya menyediakan 500 keping DVD album lagu saya di bazar depan untuk ikut berkontribusi di acara ini." kata Alex Gamalama dari atas panggung.

Margarito Kamis mengaku senang dan bahagia melihat hubungan masyarakat Maluku Utara di perantauan sejauh ini baik-baik saja. Sehingga dia mengatakan halal bihalal ini harus tetap dipertahankan pelaksanannya setiap tahun.
 
"Ya begini saja harus tetap dipertahankan tidak kurang tidak lebih. Hubungan masyarakat baik. Mereka enjoy dan senang datang ke acara ini." kata Margarito.

Sementara itu Ketua Halal Bihalal Hikmu Noval Ahmad menjelaskan bahwa acara ini terlaksana sesuai dengan rencana dan target yang dicapai panitia.

"Alhamdulilah masyarakat Malut se-Jabodetabek banyak yang datang. Saya rasa ini sesuai target yang diharapkan seluruh panitia." kata Noval.

Halal Bihalal Hikmu 2019 lalu ditutup dengan suasana suka cita. Seluruh undangan mulai dari anak-anak, remaja dan orangtua kompak berjoget diiringi lantunan dan musik Malut.
Rencananya acara serupa akan digelar pada tahun 2020 mendatang. Masyarakat Malut yang datang berharap jika ke depannya acara ini semakin besar dan tetap mempertahankan kekompakan di antara sesama warga perantuan. (red)
 
Berita Terkait

00067920

Total pengunjung : 67920
Hits hari ini : 180
Total Hits : 254377
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120