08 Februari 2017 | dilihat: 729 Kali
Pentingnya Menjalankan Gaya Hidup Sehat
noeh21

Wartaone, Jakarta – Hidup sehat itu penting, hanya saja banyak orang yang mengabaikannya. Padatnya rutinitas hendaknya tidak menghalangi setiap orang untuk menjalankan gaya hidup sehat. Mengutamakan pola hidup sehat, dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

"Oleh karena itu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang sebagai bahan acuan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai hidup sehat," papar Dosen Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta sekaligus Anggota Bidang Penelitian dan pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia, Dr. Marudut, MPS saat diskusi Resolusi Untuk Keluarga Sehat Indonesia di Midtown, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Berdasarkan peraturan tersebut, maka untuk mencapai hidup sehat sangat diperlukan adanya pemenuhan gizi seimbang yakni zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya mengonsumsi makanan yang beraneka ragam seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan anjuran melakukan aktivitas fisik untuk mempertahankan berat badan yang normal.

"Dampak konsumsi makanan yang tidak memenuhi kebutuhan itu kurang gizi, stunting, westing (kurus), gizi buruk, kelebihan berat badan, obesitas, pencernaan kurang baik, daya tahan tubuh rendah dan lebih mudah terkena penyakit tidak menular, diabetes, hipertensi dan kardiovaskular," kata dia.

Menurut Marudut, gaya hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Gaya hidup sehat tidak hanya secara fisik tapi juga mental, spiritual, sosial agar bisa hidup secara produktif secara sosial dan ekonomi. (snd/dd)                       

Berita Terkait

00030903

Total pengunjung : 30903
Hits hari ini : 114
Total Hits : 155760
Pengunjung Online : 3

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)