17 Maret 2017 | dilihat: 1263 Kali
Aksi Damai PPNI Malut “Stop Diskriminasi Kebijakan Terhadap Perawat”
noeh21
aksi damai PPNI Malut (ist)

WartaOne, Ternate - Dalam rangka memperingati HUT ke-43 PPNI dengan tema “Stop Diskriminasi Kebijakan Terhadap Perawat”. Ratusan tenaga medis yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Maluku Utara (Malut) melakukan aksi damai di depan Kantor RRI cabang Muda Ternate, Kelurahan Soa sio, Ternate Utara, Kamis 16 Maret 2017 pukul 11.00 WIT.

Dalam aski tersebut, ratusan massa aksi menuntut agar, stop diskriminasi terhadap perawat, angkat perawat honorer jadi perawat, berikan upah yang layak bagi perawat, hapuskan sistem tenaga kerja sukarela dari instansi pemerintah maupun swasta dan revisi UU ASN yang memihak pada honorer.

Koordinator Aksi Irfan Husni menyampaikan, nasib perawat di Indonesia kurang mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah maupun pihak swasta yang menggunakan jasa perawat terutama kurangnya perhatian terhadap kesejahteraan perawat.

Ia juga meminta Pemerintah harus mengawasi sektor swasta yang menggunakan jasa perawat, agar memberikan penghargaan yang layak, menghilangkan diskriminasi kebijakan dan kesenjangan pada tenaga kesehatan.

“Fenomena ini merupakan realita yang dihadapi oleh profesi perawat di Indonesia dan di Maluku Utara khususnya. Sampai pada saat ini Pemerintah masih kurang memperhatikan profesi perawat, dan tantangan hukum yang akhir-akhir ini seakan mengkerdilkan profesi perawat mengakibatkan kurangnya citra profesi perawat di masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dia, semakin terasa ketika Keputusan Kemenpan dan Kemenkes RI yang mengangkat kurang lebih 39 Ribu Bidan, Dokter umum dan Dokter gigi menjadi CPNS sangat disayangkan dan terkesan diskriminatif.

“Begitu menyakiti hati para perawat, padahal perawat juga bagian dari tenaga kesehatan. Kami perawat tidak meminta dimanjakan, hanya meminta sesuatu hal yang normal, yaitu di sejahterahkan, bila mau membuka mata, sudah ada aturan UMR maupun UMP, tapi masih ada perawat yang di gaji dibawah gaji seorang babu atau kuil,” terang Irfan. (As)

Berita Terkait

00030903

Total pengunjung : 30903
Hits hari ini : 121
Total Hits : 155767
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)