22 Desember 2016 | dilihat: 2422 Kali
Prahara Tsunami Korupsi di Kebumen Berlanjut
noeh21
Bupati Kebumen Yahya Fuad

WartaOne, Kebumen - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (21/12/2016) kembali mendatangi dan menggeledah sejumlah tempat di Kebumen terkait suap ijin proyek Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen. Salah satu sasarannya adalah kantor dinas Bupati, HM Yahya Fuad yang berada di kawasan alun-alun.

WartaOne memantau, Petugas KPK datang ke rumah dinas Bupati sekitar pukul 17.30 WIB. Penggeledahan berlangsung tertutup dengan penjagaan polisi bersenjata laras panjang lengkap. Sekitar pukul 19.15 WIB, tampak sebuah mobil bernomor polisi AA 8712 ND masuk namun lima menit kemudian meninggalkan pendopo.

Selain itu, terlihat juga Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz juga berada di lokasi. Sekitar pukul 20.00 WIB, menyusul Sekretaris Daerah Adi Pandoyo yang datang ke rumah dinas menggunakan sepeda motor. Penggeledahan baru selesai pada pukul 20. 05, menyusul tiga mobil KPK yang keluar dari rumah dinas Bupati.

Menurut sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya,  penggeledahan juga dilakukan di rumah pribadi Yahya Fuad di Gombong. 

Pengembangan kasus yang bermula dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait proyek dikpora ternyata sudah jauh masuk ke grand skenario dari pembahasan APBDP. Selanjutnya, pengembangan kasus sudah masuk ke instansi PU yang merupakan penyerap anggaran terbesar untuk proyek-proyek terutama konstuksi. Di ruang lingkup bidang Binamarga adalah jalan/aspal dan sebagainya. Sedangkan di ruang lingkup bidang Ciptakarya yaitu gedung dan pasar.

Berdasarkan narasumber yang dapat dipercaya, pemeriksaan malam tadi berlanjut terhadap Sekdin PU, M. Choidor dan Kabid Binamarga, Haryono Wahyudi. KPK juga akan mlanjutkan pemeriksaan saksi-saksi di Mapolres Purworejo.

Sejauh ini, KPK sudah menetapkan 3 orang menjadi tersangka dan 37 orang sebagai saksi, termasuk Bupati Kebumen HM Yahya Fuad sudah pernah diperiksa. Dengan demikian, menunjukan bahwa KPK tidak main-main dengan pengungkapan kasus korupsi di Kebumen, dan tidak menutup kemungkinan saksi dan tersangka akan terus bertambah. (HQ)

Berita Terkait

00031313

Total pengunjung : 31313
Hits hari ini : 240
Total Hits : 156546
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)