12 April 2017 | dilihat: 514 Kali
SIDANG SENGKETA HAK CIPTA LOGO APKOMINDO
Pemasangan Logo Dilakukan PT Dyandra
noeh21

WartaOne – Bantul, Sidang pekara penggunaan logo Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) tanpa izin yang menyeret terdakwa Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Ir Soegiharto Santoso alias Hoky kembali digelar di PN Bantul, Kamis (6/4).

Dalam kesaksian General Manager (GM) JEC Banguntapan Bantul, Satriyo Indarto tenyata pemasangan logo Apkomindo tak dilakukan oleh pengurus Apkomindo baik DPD Apkomindo DIY apalagi DPP Apkomindo pusat di Jakarta.

“Dalam pameran Mega Bazar pada 5 sampai 9 Maret 2016, logo Apkomindo dipasang oleh Event Organizer-nya langsung yakni PT Dyandra Promosindo. Sepengetahuan saya, selama pameran berlangsung terdakwa juga tak pernah ada di lokasi,” ungkap Satriyo saaat memberikan kesaksian di hadapan majelis hakim diketuai Subagyo SH MHum dihadiri jaksa Ansory SH dan penasihat hukum tedakwa Bimas Ariyanta SH.

Selain itu, dalam pemesanan tempat pameran dilakukan langsung PT Dyandra bukan terdakwa. Hal itu diperkuat dengan keterangan saksi kalau terdakwa baru datang ke pameran komputer di JEC pada bulan September 2016. Saat itu saksi baru mengenal terdakwa sebagai Ketua Umum DPP Apkomindo dan sejak itu pameran digelar tanpa penggunaan logo Apkomindo.

“Pameran Mega Bazar itu sebenarnya acara DPD Apkomindo DIY dan PT Dyandra sehingga tak ada urusannya dengan DPP Apkomindo,” lanjut Satriyo menegaskan.

Sementara saksi Satriyo sendiri sebenarnya tak akan hadir sebagai saksi dalam persidangan tersebut. Karena sebelumnya saksi pada Senin lalu hanya ditelepon untuk hadir di persidangan. Tetapi karena tak ada surat panggilan resmi dari penuntut umum, maka saksi berencana tak menghadiri persidangan.

“Jaksa baru menyerahkan panggilan ke kantor pada Kamis pukul 09.00. Tetapi karena saya ada urusan maka saya pun bersedia menajdi saksi tetapi mundur sampai pukul 14.00,” tegasnya.

Dari 3 saksi yang dipanggil saksi selama 2 minggu hanya seorang saksi yang menghadiri panggilan jaksa. Hal itu dikarenakan penuntut umum hanya menelepon para saksi untuk hadir di persidangan tak menyampaikan surat secara resmi.

Dalam pekara tersebut, Ir. Soegiharto Santoso atau Hoky didakwa telah ikut bertanggung jawab dalam penggunaan logo Apkomindo dalam pameran Mega Bazar 2016 di Ruangan Jogja Expo Center (JEC) Bantul pada 5 sampai 9 Maret 2016 yang diselenggarakan DPD Apkomindo DIY dengan PT Dyandra Promosindo. Dari penggunaan logo tersebut dalam dakwaan jaksa, saksi korban Sony Fransley sebagai pelapor mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 5 miliar.

sumber : Koran Merapi Yusron Mustaqim

Editor : Dharma

Berita Terkait

00037000

Total pengunjung : 37000
Hits hari ini : 116
Total Hits : 170265
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)