17 Maret 2017 | dilihat: 704 Kali
Ombudsman  Malut Minta Saber Pungli Selidiki Pungli terhadap Siswa Menjelang UN
noeh21
Sofyan Ali

Wartaone, Ternate - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku Utara Sofyan Ali, meminta Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar segera selidik sekolah yang melakukan pungutan terhadap setiap siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN).

Sofyan Ali mengatakan, untuk Kota Ternate telah ditemukan beberapa sekolah yang memungut biaya UN. Sehingga kepada Wakapolres Ternate selaku Ketua Tim Saber Pungli agar bertindak cepat melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pihak sekolah yang terindikasi melakukan pungutan liar menjelang UN.

“Pungli yang terjadi menjelang Ujian Nasional ini sudah kami sampaikan melalui media, maka dari itu kami butuh action dari ketua tim saber pungli,” tuturnya.

Dia juga menegaskan bahwa, jika tim saber pungli tidak bergerak cepat maka pihaknya secara kelembagaan akan bergerak berdasarkan kewenangan yang dimiliki Ombudsman, agar dapat membrantas pungli yang kian marak terjadi di Maluku Utara.

“Jalan atau tidak tim saber pungli dalam menindaklanjuti pungli yang sudah mulai marak ini, maka Ombudsman akan menindaklanjuti sesuai dengan kewenangan Ombudsman,” tegasnya.

Selain itu, dia juga menekankan kepada para Kepala Sekolah yang melakukan pengutan yang hanya bersandar pada hasil kesepakatan rapat antara pihak sekolah, komite dan orang tua siswa maka itu masih di kategorikan pungli.

“Jadi jangan mengatasnamakan komite dan kesepakatan orang tua siswa untuk melanggar aturan,” terangnya.

Lebih jauh kata Sofyan, dalam waktu dekat ini Ombudsman Malut akan merampungkan semua laporan masyarakat terkait pungli yang saat ini telah teregistrasi. Bahkan Ombudsman Malut akan meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menindak tegas dan memberikan rekomendasi kepada para Kepala Sekolah untuk dapat mempertimbangkan sekolah yang melakukan pungli.

“Ombudsman akan merekomendasikan kepada Kepala Dinas dan Kepala-kepala Daerah agar memberikan sanksi tegas kepada mereka,” tegasnya lagi. (LO/MT)

Berita Terkait

00031405

Total pengunjung : 31405
Hits hari ini : 351
Total Hits : 156907
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)