03 Desember 2016 | dilihat: 1220 Kali
Kinerja Dirjen Gakkum LHK Patut Dievaluasi
noeh21

WartaOne, Jakarta – Berdasarkan data pemerintah pusat, sebanyak 120 perusahaan perkebunan sawit di Kalimantan Tengah tidak memiliki izin, seperti tidak mengantongi hak guna usaha (HGU), izin pelepasan kawasan hutan (IPKH) serta tidak memiliki analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Sementara itu, berdasarkan data Pemerintah Provinsi Kalteng,  dari 167 perusahaan, hanya sekitar 11 persen yang melaksanakan kewajiban membangun kebun plasma. Padahal perusahaan itu sudah beroperasi cukup lama di Kalimantan Tengah.

Berkait dengan kondisi yang berlarut-larut tersebut, patut diduga adanya upaya pembiaran atau bisa jadi “kongkalikong” oleh Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dugaan tersebut lebih diperkuat dengan terdapatnya kerusakan lingkungan serta indikasi adanya pemusnahan orangutan. Bersamaan dengan itu,  disinyalir adanya penggelapan dana ganti rugi lahan di lokasi perkebunan kelapa sawit PT. Suryamas Cipta Perkasa dan PT. Berkah Alam Fajarmas, yaitu anak perusahaan PT. Best Agro Internasional Grup yang berlokasi di Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah.

Indikasi “kongkalingkong” serta pelanggaran hukum oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit di kalimantan tengah yang kian menggurita tersebut diperkuat dengan, tidak digubrisnya empat kali upaya konfirmasi tim wartaone.net oleh pihak Direktorat Jenderal Peneggakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Melihat hal tersebut diatas, serta demi konsistensi dalam pelaksanaan visi misi dan program Kementerian Lingkungan Hidup, sudah sangat patut bagi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengevaluasi kinerja Dirjen Penegakkan Hukum Lingkungan dan Kehutanan. (nkh/ep)

Berita Terkait

00030902

Total pengunjung : 30902
Hits hari ini : 107
Total Hits : 155753
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)