26 April 2017 | dilihat: 469 Kali
SIDANG KASUS APKOMINDO:
Hoky Kecewa Penuntut Umum Tak Hadir di Persidangan
noeh21
Sidang lanjutan kasus Apkomindo pada Kamis (20/4/2017) akhirnya dibatalkan. (foto: Christian Yanuar)

WartaOne – Jakarta,  Terdakwa kasus pelanggaran hak cipta seni logo Apkomindo kecewa saat mengetahui saksi tidak hadir dalam sidang di Pengadilan Negeri Bantul. Jaksa gagal menghadirkan saksi, dengan alasan tidak jelas, bahkan JPU Ansyori SH  sendiri pun tidak kelihatan batang hidungnya.

"Saya jelas kecewa dong. Sidang kan jadi panjang lagi. Saya kan punya jadwal juga. Sekarang saya ada jadwal meeting sama klien," keluh Hoky  usai menjalani persidangan di PN Bantul Kamis (20/4/2017).

“Bagi saya, dengan tidak hadirnya JPU tanpa alasan yang jelas juga telah melecehkan Acara Persidangan yang terhormat di Pengadilan Negeri Bantul. Apalagi untuk menghadirkan saksi saksi, menghadirkan dirinya sendiri tidak mampu, Sangat tidak professional sekali,”Ungkap Hoky kepada awak media.

Mengetahui para saksi korban tidak ada yang hadir, bahkan  JPU Ansyori, SH. dari Kejaksaan Agung Jakarta, Hakim Ketua Subagyo, SH., M.Hum memerintahkan sidang ditunda. "Sidang ditunda Kamis depan, tanggal 27 April," Katanya di depan persidangan disaksikan terdakwa dan penasihat hukumnya, Bimas Ariyanta SH dan Riswanto SH, dengan penuntut umum pengganti, Raka Buntasing Panjongko SH.

Sebelum sidang ditutup, Raka Buntasing yang mewakili Ansyori menyatakan, pihaknya akan menghadirkan enam orang saksi pada sidang berikutnya. Hal ini dilakukan agar persidangan bisa cepat selesai.

Pada persidangan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ansyori SH. Berjanji akan menghadirkan 3 orang saksi sekaligus pada persidangan hari ini agar penyelesaian kasus pelanggaran hak cipta logo Apkomindo segera selesai, namun kenyataannya jangankan saksi korban yang hadir, bahkan JPU pun tak menampakkan dirinya.

Barangkali patut dicatat sebagai berikut :

1. Kamis, 23 Maret 2017, tidak ada seorang saksi yg hadir dari janji JPU menghadirkan 3 org saksi.

2. Kamis, 06 April 2017 (setelah ditunda 14 hari), hanya 1 org saksi dari janji JPU menghadirkan 3 org saksi.

3. Kamis, 13 April 2017 hanya 1 org saksi dari janji JPU menghadirkan 3 org saksi.

4. Kamis, 20 April 2017 tidak ada seorang saksi yg hadir dari janji JPU menghadirkan 3 org saksi, bahkan JPU nya tidak hadir dan tidak memberikan informasi sama sekali.

Sementara kuasa hukum terdakwa, Riswanto mengaku sangat kecewa dengan apa yang dilakukan oleh JPU Kejagung RI Ansory SH, yang mangkir dalam persidangan tersebut tanpa alasan yang jelas. “JPU sepertinya tidak konsisten dalam menyelesaikan kasus ini,” tandasnya saat di konfirmasi usai pengumuman penundaan sidang.

Riswanto menjelaskan bahwa dirinya berharap agar JPU dapat menghadirkan saksi Ketua DPD Apkomindo DIY, Dicky Purnawibawa, beserta Pimpinan PT. Dyandra Promosindo wilayah DIY, Donny Farista Gunawan, serta Entin Kartini, sosok yang melakukan survey tentang adanya kegiatan pameran di Bantul.

Seperti sudah kita ketahui, Terdakwa telah disidangkan di PN Bantul untuk pertama kalinya sejak tanggal 15 Desember 2016 dan sampai dengan saat ini saksi yang hadir di PN Bantul baru 9 (sembilan) orang yaitu; Agus Setiawan Lie, Rudi Dermawan Muliadi,  G. Hidayat Tjokrodjojo, Henkyanto Tjokroadhiguno, Henky Gunawan,  Irwan Japari, Faaz Ismail, Satriyo Indarto dan Sonny Franslay, padahal masih banyak sekali saksi-saksi lainnya yang belum dihadirkan.

Selain saksi Irwan Idris,  ada saksi kunci Entin Kartini yang menjadi saksi utama dan hadir saat pameran Mega Bazaar 2016 Consumer Show di JEC, menyatakan sampai dengan saat ini belum pernah memperoleh surat panggilan, belum lagi saksi pelaku utama Donny Farista Gunawan dari PT Dyandra Promosindo yang menjadi penyelenggara pamerannya serta saksi lainnya yaitu Dicky Purnawibawa selaku Ketua DPD Apkomindo DIY yang menandatangani surat kontrak kerjasama dengan pihak PT Dyandra Promosindo belum pernah dihadirkan, padahal domisili mereka berada di Yogyakarta.

(Team)

Berita Terkait

00037000

Total pengunjung : 37000
Hits hari ini : 117
Total Hits : 170266
Pengunjung Online : 2

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)