25 Februari 2017 | dilihat: 311 Kali
Habib Rizieq Shihab Jadi Saksi Sidang Ahok
noeh21
Habib Rizieq Shihab (ist)

WartaOne, Jakarta – Pada sidang lanjutan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan digelar pada Selasa, 28 Februari 2017 mendatang, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab akan didatangkan menjadi saksi ahli.

Habib Rizieq menjadi saksi ahli dalam sidang kedua belas dalam kasus yang sesuai dengan rekomendasi MUI Pusat berdasarkan Surat Keterangan MUI Pusat No.Ket-1061/DP/-MUI/XI/2016 tanggal 3 November 2016 serta ditandatangani oleh Ketua MUI Pusat KH Sodikun dan Sekjen MUI PUsat Dr. H. Anwar Abbas, MM, M.Ag.

Pengacara Ahok I Wayan Sudiarta membenarkan bahwa Rizieq akan menjadi saksi pada persidangan kasus penistaan agama. Menurutnya, tim JPU akan berkoordinasi dengan pihak penasihat hukum supaya bisa mempersiapkan langkah-langkah dalam persidangan.

Wayan juga mengatakan, tim penasehat hukum tidak mempunyai persiapan khusus untuk persidangan yang menghadirkan Rizieq. 

"Biasa saja. Di depan hukum, depan persidangan semua sama," kata Wayan kepada wartawan.

Wayan berharap pada kesaksian itu Ketua Dewan Pembina GNPF-MUI itu sesuai apa adanya. Ia tidak memungkiri Rizieq bisa bernasib seperti rekan-rekan FPI yang lain, yakni Sekjen Dewan Syuro FPI Jakarta Novel Bakmumin dan Ketua DPD FPI Jakarta Muchsin bin Zeid Alatas yang dilaporkan ke Kepolisian karena memberikan keterangan palsu dalam persidangan.

Sampai pada saat ini, pengacara Ahok dipastikan akan melaporkan 4 saksi ke kepolisian, termasuk Novel dan Muchsin, apabila saksi pelapor memberikan keterangan palsu.

"Kalau dia memberikan keterangan palsu nanti kita lihat," ujar Wayan.

Kuasa hukum Ahok lainnya, Rolas B. Sitinjak membenarkan Rizieq menjadi saksi ahli yang ditunjuk MUI.

"Menurut  jadwal demikian," tutur Rolas kepada Tirto, Kamis (23/2/2017).

Senada dengan Rolas, Humprey juga membenarkan bahwa Rizieq akan diperiksa Selasa (28/2/2017). Humprey mengaku ada strategi yang disiapkan dalam memeriksa Rizieq.

"Ada rahasia dong," jelas Humprey kepada wartawan.

Sementara itu, Front Pembela Islam sudah mendapat informasi terkait hal tersebut. Juru bicara FPI Slamet Ma'arif mengaku FPI akan mendampingi dan mengawasi sidang yang dihadiri Rizieq.

"Insyaallah pada Selasa habib rizieq akan menjadi saksi di persidangan Ahok, seperti biasa kami akan memantau dan  awasi persidangan," kata Slamet kepada wartawan.

Di sisi lain, pengacara Rizieq Kapitra Ampera juga membenarkan bahwa Rizieq akan menjadi saksi dalam persidangan  Ahok.

"Surat panggilannya sudah dia baca," ujar Kapitra saat dihubungi wartawan.

Kapitra menegaskan, publik tidak perlu khawatir Rizieq akan bernasib layaknya rekan-rekan FPI lain. Pria yang juga menjadi pengacara mantan Jubir FPI Munarman itu mengatakan, itu hanya sekadar mental breakdown.

Ia pun akan turun langsung di pengadilan dan memberikan keterangan kepada wartawan secara langsung pada Selasa depan. Oleh karena itu, dirinya siap membela Rizieq apabila pengacara Ahok melaporkan pentolan FPI itu dengan tuduhan memberikan keterangan palsu.

"Saya akan dampingi semua," ujar Kapitra. (Tirto)

Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 118
Total Hits : 156674
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)