30 Januari 2017 | dilihat: 629 Kali
Habib Rizieq Ditetapkan Sebagai Tersangka
noeh21
Habib Rizieq Shihab (ist)

WartaOne, Bandung – Gelar perkara ketiga yang dilakukan tim penyidik Ditreskrim Polda Jabar pada Senin (30/01) telah meningkatkan status Habib Rizieq Shihab dari saksi terlapor menjadi tersangka.

Habib Rizieq Shihab disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang Penodaan terhadap Lambang Negara dan Pasal 320 KUHP tentang Pencemaran terhadap Orang yang Sudah Meninggal. Kasus ini merupakan buntut dari pelaporan Sukmawati Soekarnoputri.

“Penyidik meningkatkan status Rizieq Syihab dari saksi terlapor menjadi tersangka,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (30/1/2017).

Menurut Yusri, penyidik sudah meminta keterangan sebanyak 18 saksi ahli dan sudah melakukan analisis dan evaluasi dalam gelar perkara.

“Tim penyidik, bekerja mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan alat bukti untuk menguatkan sangkaan terhadap Rizieq. Perkara penistaan Pancasila dan pencemaran proklamator ini seluruhnya sudah masuk unsur dan alat bukti yang cukup,” lanjutnya.

Dari hasil gelar perkara tersebut polisi menyimpulkan sudah memenuhi unsur pidana. Alat bukti  yang dimiliki polisi untuk menjerat Habib Rizieq yaitu video rekamanan. Rekaman tersebut sudah dilakukan penelitian oleh tim Labfor Mabes Polri dan dinyatakan asli atau bukan rekayasa.

Namun begitu, meski berstatus sebagai tersangka, Habib Rizieq tak akan dikenakan penahanan karena ancaman hukuman kedua pasal tersebut dibawah lima tahun.

“Untuk Pasal 164a ancaman hukumannya empat tahun penjara. Tidak ditahan karena ancamannya dibawah lima tahun. Ini sesuai dengan KUHAP," terang Yusri.(det/rep/ep)

Berita Terkait

00073924

Total pengunjung : 73924
Hits hari ini : 102
Total Hits : 272437
Pengunjung Online : 3

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120