25 Maret 2017 | dilihat: 410 Kali
Wiji Thukul :Jika Kami Dilarang Menulis, Kami Akan Menulis Dengan Darah !!
FPII Siap Gelar Aksi Lanjutan Dengan Kekuatan Lebih Besar
noeh21
Rapat Pengurus Presidium Fprum Pers Independen Indonesia Kamis 23 Maret 2017 (dok. foto : FPII)

 Wiji Thukul yang pernah menuliskan kata kata yang mengilhami perjuangan kami :”Apabila Kami DILARANG Menulis, Kami akan menulis dengan Darah”.

Wartaone.net – Jakarta, Forum Pers Independen Indonesia (FPII) menggelar rapat persiapan aksi lanjutan pada awal April mendatang. Seperti dilansir dalam media wartaone.net yang lalu bahwa Forum Pers Independen Indonesia (FPII)  telah mendatangani Gedung Dewan Pers di kawasan Kebon Sirih dan dilanjutkan dengan unjuk rasa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Senayan Jakarta. ( klik link : http://wartaone.net/warta-dewan--pers--disinyalir-kangkangi--uu-no-40--tahun-1999-tentang--pers.html)

Dewan Pers yang saat ini dinilai oleh FPII sudah mengeluarkan kebijakan kebijakan yang melampaui wewenangnya antara lain dengan membuat aturan untuk mendata media media dengan  upaya verifikasi ketat dan  terlalu memberatkan keberlangsungan hidup perusahaan pers menengah kebawah  serta berupaya mengebiri kebebasan para jurnalis dengan membatasi kegiatan peliputan para wartawan yang medianya belum diverifikasi olehnya.

Surat Edaran Dewan Pers kepada instansi pemerintah maupun swasta terkait daftar nama media yang belum diverifikasi dirasakan sebagai “pemberangusan” terhadap jurnalis untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya yang menjadi hak insan pers seperti yang dijamin UU No. 40 tahun 1999 tentang pers. Pemberangusan tersebut berdampak pula terhadap HAK Masyarakat untuk mendapatkan informasi informasi yang seharusnya diterima. Fungsi Pers sebagai kontrol sosial juga dikebiri.


Dalam rapat yang digelar di markas FPII di Kalibata Jakarta Selatan, Kamis (23/3), Ketua Presidium FPII, Kasihhati menegaskan bahwa FPII akan gelar aksi lanjutan dengan jumlah yang lebih besar dan dengan tuntutan tegas awal April mendatang. 

“Kita tidak akan menunggu lama, aksi kedua akan digelar FPII awal bulan April ini, dan tentunya dengan massa insan pers yang lebih banyak dari seluruh wilayah di Indonesia dan aksi akan kami lakukan terus sampai suara kami didengarkan”, tegasnya. 

Menurutnya, FPII bukan musuh Dewan Pers, tetapi hadirnya FPII sebagai kontrol kinerja Dewan Pers sekaligus menolak kebijakan kebijakan DP yang dianggap menyimpang dari UU Pers No.40/1999 terkait kemerdekaan pers. 

“Secara pribadi, kami tidak ingin membubarkan Dewan Pers, akan tetapi kami ingin para pengurus DP untuk melek, dan memahami UU Pers yang berlaku, bahwa jurnalis berdiri pada independen dan penyaji komunikasi informasi faktual.” ujar Kasihhati. 

Senada dengan Ketua Presidium. Ketua pengurus harian Setnas FPII, Mustofa Hadi Karya atau yang sering disapa bung opan membenarkan hal tentang aksi kedua FPII. 

“Iyaaaa itu benar, kami habis gelar rapat presidium dan pengurus harian Setnas FPII, dalam rapat itu banyak hal yang kami godok, termasuk lanjutan FPII pada  April nanti dan schedule deklarasi FPII yang mungkin dibulan April mendatang juga.” ulas Opan. 

Ia juga menambahkan meskipun ketua Komisi I DPR RI, Dr.Abdul Kharis Almasyari mengatakan kaget mendengar soal verifikasi media yang dilakukan dewan pers dan kebijakan kebijakan dewan pers yang menurutnya sudah salah kaprah saat ditemui diruang kerja ketua komisi I oleh tiga (3) orang perwakilan pengurus harian Setnas dari Deputi FPII bidang organisasi, Jaringan dan Deputi Kajian, Senin (20/3). 

Rapat persiapan aksi tersebut dihadiri pengurus Presidium dan pengurus Setnas FPII.

Dan patut dicatat dan seperti terngiang kembali dalam telinga kami sayup sayup sura Wiji Thukul yang pernah menuliskan kata kata yang mengilhami perjuangan kami :”Apabila Kami DILARANG Menulis, Kami akan menulis dengan Darah”.

 

(Dharma EL)

Berita Terkait

00031404

Total pengunjung : 31404
Hits hari ini : 313
Total Hits : 156869
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)