08 November 2018 | dilihat: 33 Kali
Kasus Imigrasi Lee Chung Cheng
Ditjen AHU Kemenkumham Absen di Sidang Pembuktian
noeh21
Sidang lanjutan kasus Imigrasi Lee Chung Cheng dengan agenda penyampaian pembuktiaan tampak tidak dihadiri tergugat Ditjen AHU Kemenkumham, Rabu (7/11/2018)
Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur tetap melaksanakan jalannya sidang lanjutan kasus imigrasi Lee Chung Cheng, meski tak dihadiri tergugat, Direktorat Jenderal Administrasi Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM.   

Wartaone.net - Ketidakhadiran Ditjen AHU Kemenkumham dalam sidang yang mengetangahkan agenda penyampaian pembuktian, Rabu (7/11/2018), memang telah diketahui sebelumnya oleh pihak majelis hakim. Dalam sidang sebelumnya, kuasa hukum Ditjen AHU meminta izin selama 2 minggu karena klinnya ada kegiatan di luar kota.

"Seharusnya mereka mengikuti sidang hari ini karena majelis hakim menolak permintaan izin mereka selama 2 minggu. Tapi nyatanya mereka tetap izin dan tak mengikuti jalannya sidang hari ini." ujar Maskur Husain, SH, kuasa hukum Lee Chung Cheng, Kamis (8/11/2018).

Kendati tak dihadiri tergugat, sidang tetap berjalan seperti biasa. Dalam sidang pembuktian itu, kuasa hukum Lee Chung Cheng, Dudung Badrun, SH dari kantor hukum DBMH Law Firm, menyampaikan sedikitnya 24 bukti berupa surat-surat.

Selain surat-surat legalitas kependudukan Lee Chung Cheng sebagai WNI, ada juga bukti berupa foto-foto. Foto tersebut mengenai kejadian penangkapan Lee hingga ditahan di rumah Detensi Imigrasi Jakarta Barat selama beberapa hari.

Kasus imigrasi Lee Chung Cheng pertama kali mencuat ketika perempuan tua itu diduga memiliki dwikewarganegaraan. Namun berdasarkan fakta-fakta yang ada, kewarganegaraan Lee saat ini telah menjadi WNI, menyusul paspor WNA miliknya sudah tak berlaku lagi.

Sementara Ditjen AHU sebelumnya telah mengeluarkan surat keterangan, terkait status kewarganegaraan Lee. Surat keterangan yang menjelaskan bahwa Lee memiliki paspor WNA inilah yang kemudian digugat oleh Maskur Husain, SH dan rekan ke PTUN Jakarta Timur.

Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda penyampaian bukti lanjutan oleh pihak penggugat. (Red)
 
Berita Terkait

00026500

Total pengunjung : 26500
Hits hari ini : 117
Total Hits : 127048
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)