10 April 2017 | dilihat: 1119 Kali
Diduga Melanggar HAM, Pemagaran Sepanjang  Jalan Zeni Di Mampang Harus Segera Dihentikan
noeh21
warga di jalan Zeni dan Zeni IV  RT. 006 RW. 03 Kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan merasa resah karena akses jalan di depan rumah mereka terancam ditutup

WartaOne – Jakarta, Sejumlah warga di jalan Zeni dan Zeni IV  RT. 006 RW. 03 Kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan merasa resah karena akses jalan di depan rumah mereka terancam ditutup (dipagar).

Kurang lebih ada 22 kepala keluarga yang telah berpuluh puluh tahun tinggal di jalan Zeni dan Zeni IV RT. 006 RW. 03 Kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan menolak upaya pemagaran oleh Direktorat Zeni AD, karena akses  jalan aspal yang semula 4 meter nantinya hanya akan menjadi 1 meter saja.

Daroedono (55 tahun) salah seorang warga yang beralamatkan di  jalan Zeni IV No. 6 A mengatakan kepada awak media,”Kami menolak pemagaran jalan di depan rumah kami, lebar jalan yang semula 4 meter hanya akan disisakan 1 meter, lalu kami akan lewat mana kalau keluar dari rumah ? Ini merupakan pelanggaran HAM,” Ungkapnya kepada awak media saat di temui di rumahnya 1 April 2017.

Daroe menambahkan,”Kami sudah beberapa kali berkirim surat kepada Direktur Zeni AD yang di jalan Kesatrian II, Matraman Jakarta Pusat itu Mas, Surat terakhir kami tertanggal 27 Maret 2017 untuk menyampaikan bahwa Warga menolak pemagaran/penutupan akses ke Jalan Zeni dan Zeni IV RT. 06 RW. 03 Mampang Prapatan Jakarta Selatan, karena secara kepemilikan jalan tersebut merupakan milik Pemprov DKI.  Namun malah tanggal 1 April Direktorat Zeni mengirimkan pasukannya melakukan persiapan pemagaran dengan mulai menebangi pohon pohon di lingkungan kami,” Terangnya sambil membeberkan surat surat bukti dari Pemprov DKI.

Bambang Adji Wibowo dan Sugeng Mardono mewakili warga RT. 06 RW.03 Mampang Prapatan Jakarta Selatan juga sudah mengirimkan surat penolakan warga kepada Direktur Zeni AD dengan tenbusan kepada : Menteri Pertanahan RI, Gubernur Pemprov DKI, KSAD, Danpuspom, Kepala BPAD Pemprov DKI,Walikota Jakarta Selatan, Kepala PTSP, Camat dan Lurah mampang serta LBH Jakarta. Namun pemagaran tetap dilaksanakan.

Adapun isi surat warga RT. 06 RW.03 Mampang Prapatan Jakarta Selatan secara detail dapat disampaikan sebagai berikut :

  1. Kami sudah lama lebih dari 40 tahun menghuni dan memanfaatkan Jalan Zeni dan Zeni IV (selebar 4 meter) sebagai satu satunya akses jalan menuju jalan Mampang Prapatan Raya. Disamping itu, Jalan Zeni dan Zeni IV menjadi dasar lokasi tanah hunian kami yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).
  2. Walikota Administrasi Jakarta Selatan menyatakan bahwa bidang tanah untuk Jalan Zeni dan Jalan Zeni IV yang terletak di RT.006 tersebut adalah asset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan tercatat di Kartu Inventaris Barang A (Tanah) dan Kartu Inventaris D (Jalan, Irigasi dan Jaringan) pada Sudin Bina Marga Kota Administratif Jakarta Selatan (seperti dalam keterangan Surat Walikota Jakarta Selatan Nomor : 423/-1.792.1 tanggal 11 Mei 2016 yang ditujukan kepada Direktur Zeni AD)

Selain itu, Warga juga sudah mendatangi  Sekretariat Gubernur Pemprov DKI untuk mengadukan masalah tersebut.  Perwakilan warga di jalan Zeni dan Zeni IV  RT. 006 RW. 03 Kelurahan Mampang Prapatan Jakarta ditemui langsung oleh Plt. Gubernur Sonny Sumarsono yang memberikan  Surat Perintah langsung kepada Walikota Jakarta Selatan agar menghentikan upaya pemagaran di Jalan Zeni dan Jalan Zeni IV karena masih dalam sengketa. Namun kenyataannya pihak Direktorat Zeni tidak mau peduli dan tetap melaksanakan aksinya sehingga meresahkan warga.

Warga berharap agar upaya upaya paksa pemagaran jalan Zeni dan Zeni IV  oleh aparat TNI AD dari Direktorat Zeni segera dihentikan dapat dihentikan, jangan sampai TNI sebagai Lembaga yang lahir dari rakyat dibenturkan dengan rakyatnya sendiri, entah untuk kepentingan apa. (Dharma El)

Berita Terkait

00073923

Total pengunjung : 73923
Hits hari ini : 97
Total Hits : 272432
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120