23 April 2017 | dilihat: 873 Kali
Menhub Sambut Kedatangan Kapal CMA CGM Otello
noeh21

WartaOne, Jakarta - Hari ini, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi bersama sama dengan Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya menyambut kedatangan Kapal CMA CGM Otello kapal kontainer terbesar di Indonesia berkapasitas 8.500 TEUs yang bersandar di Dermaga dan kesempatan ini untuk merayakan rute pelayanan langsung perdana dari Indonesia ke Amerika Serikat pada 24 April mendatang di Jakarta International Container Terminal (JICT) Minggu (23/04/2017).

Elvyn G. Masassya selaku Direktur Utama IPC, dalam sambutannya mengucapkan,”Atas nama Pelindo II kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah. Khususnya atas dukungan yang diberikan dalam usaha-usaha yang kami lakukan untuk meningkatkan koneksi logistik dan maritim di Indonesia.“ucapnya dalam sambutannya di JICT. 

"Bersama dengan kehadiran kapal ini kami berharap dapat menjadi pemicu hadirnya kapal-kapal besar lainnya untuk singgah di Tanjung Priok, sehingga sejalan dengan harapan Pemerintah. Pelabuhan Tanjung Priok akan dapat berkompetisi dan menjadi salah satu pilihan pelabuhan transhipment di kawasan Asia," kata Elvyn. 

Sebagai informasi, kedatangan kapal besar milik perusahan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya kapal terbesar ini sudah terlebih dahulu melakukan livetrail pada 9 April 2017 lalu. CMA CGM Otello adalah kapal petikemas yang memiliki kapasitas 8.500 TEUs dan panjang 334 meter. Kapal tersebut akan membongkar petikemas impor sebanyak 844 Teus dan memuat petikemas ekspor sebanyak 1,967 Teus, sehingga total bongkar muat menjadi 2,811 TEUs. Kedatangan kapal kali ini juga sekaligus menandai dimulainya pelayanan kapal yang terjadwal oleh kapal-kapal CMA CGM dari dan ke Terminal JICT, Tanjung Priok. 

Pelayanan ini akan melayari rute ke Pelabuhan Los Angeles, Amerika Serikat (AS) secara regular tiap minggu dengan window Minggu-Senin dan dilayani dengan window time maksimal 24 jam. Seperti diketahui juga , CMA-CGM membuka service baru, yakni Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services. Service ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) AS. 

CMA CGM mendeploy 17 kapal yang bergantian datang ke JICT, sehingga bisa melayani servis direct call ke US setiap minggunya di JICT. Rutenya adalah Jakarta – Laem Chabang (Thailand) - Cai Mep (Vietnam) – Los Angeles – Oakland. Pada awal-awal servis ini memang belum memuat banyak petikemas transshipment karena para customer masih melakukan penyesuaian dengan dokumen transshipment langsung ke US. Namun CMA CGM menargetkan untuk membangun volume transshipment ekspor dari pelabuhan-pelabuhan di wilayah lain di Indonesia yang dibawa oleh kapal feeder domestik untuk dibawa langsung dengan kapal CMA CGM ini ke US.

Turut hadir dalam Penyambutan yaitu Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Duta Besar Perancis, Duta Besar Srilanka, Stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok, Senior Vice President CMA-CGM Asia, Yani Wahyu Purwoko Wakil Walikota Jakarta Utara beserta jajarannya dan serta managemen JICT. (Diana)

Berita Terkait

00037002

Total pengunjung : 37002
Hits hari ini : 122
Total Hits : 170271
Pengunjung Online : 3

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)