23 November 2016 | dilihat: 922 Kali
Warga Kota Dalam Sudah Menikmati Jaringan Listrik Dan Air Bersih
noeh21
Syamsul Nasution (baju hitam)

WartaOne, Muaradua - Bantuan dana desa dari Pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di wilayah khususnya daerah terpencil turut dirasakan masyarakat di Desa Kota Dalam, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang saat ini sudah menikmati jaringan listrik dan air bersih.

Masyarakat di Desa Kota Dalam daerah terpencil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Muaradua Kabupaten OKU Selatan sejak tahun 2015 sudah menikmati jaringan listrik dan air bersih dari pegunungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti masyarakat di daerah lain pada umumnya.

Hal tersebut, tidak lepas dari peran serta Kepala Desa (kades) Kota Dalam, Syamsul Nasution yang proaktif dalam penggunaan dana bantuan dari pemerintah pusat memprogramkan pembangunan jaringan listrik dan air bersih untuk kesejahteraan masyarakat di desa itu.

"Alhamdulilah sejak desa kami dipimpin oleh Kades Syamsul Nasution pada pemilihan kades tahun 2013 banyak perubahan yang berdampak positif seperti jaringan listrik sekarang sudah tidak gelap gulita lagi kalau malam hari," kata Hadinata salah satu masyarakat Desa Kota Dalam, Kecamatan Mekakau Ilir OKU Selatan saat dikonfirmasi, kemarin (20/11).

Selain itu, kata dia, masyarakat juga sudah menikmati air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pegunungan yang mengalir ke pipa langsung ke rumah penduduk. "Sebelumnya untuk mendapatkan air bersih kami harus ke sungai yang berjarak sekitar 1,5 kilometer," katanya menambahkan.

Sementara Kades Kota Dalam, Syamsul Nasution mengemukakan dalam penggunaan dana bantuan pemerintah memprioritaskan sesuai kebutuhan penduduk di wilayah itu agar program yang dilaksanakan dapat lebih dirasakan masyarakat itu sendiri.

Menurut dia, program air bersih menggunakan dana APBD Provinsi tahun 2015 bantuan dari pemerintah tersebut dengan membuat penampungan air bersumber dari pegunungan yang berjarak sekitar 4 kilometer menyambung ke saluran pipa di 60 titik keran air yang ada di desa itu langsung mengalir ke rumah penduduk.

"Sekarang masyarakat tidak susah lagi ke sungai untuk mendapat air bersih karena pipa dari penampungan langsung mengalir ke rumah warga. Selain itu jaringan listrik juga sudah masuk dan kampung kami tidak gelap gulita lagi saat malam hari," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Desa Kota Dalam merupakan daerah paling ujung dari 15 desa lainnya di Kecamatan Mekakau Ilir jarang tersentuh pembangunan karena berada di pelosok berjarak sekitar 80 kilometer dari Muaradua Ibukota Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumsel.

Untuk itu, sejak kemenangannya pada pemilihan kades pada tahun 2013 mengalahkan empat calon kepala desa lainnya dengan perolehan suara terbanyak yaitu 486 suara dari 1.400 Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di desa itu bertekad memajukan daerah setempat demi kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

"Jabatan kades merupakan amanah dari masyarakat yang harus saya pertanggungjawabkan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Keberhasilan yang didapat saat ini juga tidak lepas dari merupakan peran serta masyarakat Desa Kota Dalam yang antusiasi turut mensukseskan pembangunan di desa kami," kata kades yang merupakan pensiunan TNI Senak tahun 2013 sekaligus Ketua Forum Desa SE. Kecamatan Mekakau Ilir tersebut.(ric)

Berita Terkait

00030903

Total pengunjung : 30903
Hits hari ini : 131
Total Hits : 155777
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)