04 Maret 2017 | dilihat: 575 Kali
PB HMI Mengapresiasi Toleransi Antar Umat Beragama
noeh21
Wasekjen PB HMI Abdul Hamid Souwakil

WartaOne, Ambon – Kebijakan Pemerintah Provinsi Maluku dalam memutuskan Kabupaten Buru Selatan sebagai tempat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan menetapkan Wakil Bupati Buru Selatan sebagai Ketua Panitia untuk tingkat Provinsi Maluku patut diberi apresiasi.

Wakil Bupati Buru Selatan,  Ayup Saleky, SH,MH yang beragama Kristen bersedia  sebagai Ketua Panitia MTQ Provinsi Maluku Ke-27 yg akan berlangsung di Buru Selatan pada 2017 ini.

MTQ ke 27 di Maluku kali ini sangat terasa hangat dalam suasana kekeluargaan serta menggambarkan betapa besar toleransi kehidupan antar umat beragama yang terbangun di Provinsi Maluku.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dan sekaligus sebagai kejutan bagi masyarakat Maluku khususnya. Sebab, pelaksanaan MTQ ini berlangsung di tengah kondisi kehidupan umat beragama yang dalam gambaran nasional suhunya sedang tinggi dan dikhawatirkan dapat merusak keberlangsungan kehidupan antar umat beragama.   

Indonesia Timur (Maluku) telah menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa warga Maluku sangat toleran dalam kehidupan beragama.

Wakil Sekjen PB HMI Abdul Hamid Souwakil yang juga putera daerah Buru Selatan mengatakan, semua ini terjadi bukan karena tanpa ada ikatan histori antara kehidupan adat dan budaya. Menurutnya, pada masyarakat Maluku sudah ditanamkan dan dipelihara rasa kekerabatan sejak jaman para leluhur hingga saat ini.

“Maluku memiliki budaya “Pela Gandong” yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan mereka. Pela Gandong  sudah menjadi ideologi bagi masyarakat Maluku sebagai pengikat tali persudaraan tanpa membedakan agama dan asal pulau,” ucap Abdul Hamid.

“Semoga kita bisa melestarikan adat dan budaya daerah kita masing-masing sebagai kreatifitas lokal yang berguna dalam kehidupan kita,” pungkasnya.(revi)

Berita Terkait

00031356

Total pengunjung : 31356
Hits hari ini : 178
Total Hits : 156734
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)