16 Februari 2017 | dilihat: 650 Kali
Pasar Talise Sepi, Penjual Enggan Berjualan
noeh21
Pasar Talise

WartaOne, Palu, Sulteng – Pasar Talise yang berada di Kawasan Kelurahan  Talise, PaluTimur, yang diperuntukan bagi para pedagang yang berjualan di pinggir jalan kawasan pasar Talise seperti Jalan  Tombolotutu, Jalan Setia Budi, Jalan Suprapto dan sekitarnya. Sepi pembeli.

Hampir semua toko yang sudah berpemilik ini tutup dan tidak aktifitas jual beli lantaran sepi dari pengunjung atau pembeli.

Seorang pedagang pop ice yang berjualan diantara lorong toko yang tidak pernah diisi oleh pemiliknya, mengatakan, toko-toko disini banyak tidak dipergunakan oleh pemiliknya  Begitupun suasana di dalam pasar. Los pedagang yang nampak lengang.

Seorang pedagang buah, Jumadi, bercerita bahwa sebelumnya ia berdagang buah di kawasan Tanah Runtu. Karena diarahkan oleh pihak Kelurahan Talise dan Satpol PP maka ia berjualan di pasar ini.

“Saya pindahan dari Tanah Runtu,  pindah berjualan di Pasar Talise karena ada arahan dari pihak Kelurahan Talise bersama Satpol PP untuk tidak berjualan di tempat lama, akhirnya saya dan beberapa penjual buah ikut saja dipindahkan ke Pasar Talise ini,” ujar Jumadi.

Jumadi menuturkan, sebelumnya ada enam orang penjual buah yang berjualan disini. Tapi karena sepi pembeli, mereka kembali lagi berjualan di tempat lama.

“Kemarin kan hari selasa, hari Pasar Talise. nyatanya sepi pengunjung,” lanjutnya.

Jumadi juga menjelaskan, bahwa dirinya sudah bertemu dengan Lurah Talise untuk mengadukan masalah ini. Kami mendatangi Lurah Talise untuk mencari solusi agar ia bisa kembali berjualan seperti dahulu lagi.

“Dengan kondisi seperti ini, mana bisa kami menghidupi keluarga. Padahal di antara kami ada yang memiliki 2, 3 dan 4 orang anak. Pak Lurah hanya  mengatakan bahwa beliau akan membawa masalah ini pada saat rapat dengan pihak yang berwenang.” Ujarnya.

Bapak 4 anak ini berharap agar pihak terkait mampu mencarikan solusi, khususnya ia dan para penjual buah. Hal ini disebabkan ada ketimpangan penghasilan yang mereka hasilkan selama mereka berjualan di Pasar Talise ini.

"Biasanya penghasilan kami berjualan di Tanah runtuh cukup untuk membiayai hidup kami. Apalagi kami berjualan buah yang memerlukan perawatan dan perlakuan khusus. Buah lebih cepat rusak jika terlalui lama disimpan. Sementara disini (pasar Talise), pengunjung saja sepi. Bagaimana mengharapkan penghasilan yang mencukupi kebutuhan kami,” pungkasnya. (AM))

Berita Terkait

00031409

Total pengunjung : 31409
Hits hari ini : 399
Total Hits : 156955
Pengunjung Online : 3

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)