15 Januari 2017 | dilihat: 1343 Kali
Kota Ternate Dibalik Piagam ADIPURA
noeh21

WartaOne, Ternate - Piagam Adipura adalah penghargaan tertinggi untuk kota-kota di Indonesia yang dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan. Kota Ternate tercatat dalam deretan  daftar kota sedang yang berturut-turut pernah meraih Piagam tersebut.

Namun jika ditelusuri berdasarkan kriteria kota yang dinobatkan sebagai Kota Adipura tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Bagaimana tidak, kota yang juga dijuluki sebagai Kota Budaya ini penuh dengan tumpukan sampah yang mencemari lingkungan. Hal ini terlihat pada setiap sudut kota terutama pada tempat-tempa yang menjadi pusat aktifitas masyarakat kota Ternate,

Berdasarkan pantauan WartaOne pekan ini, sejumlah Taman Wisata yang akan diresmikan Pemerintah Kota Ternate terbilang sangat banyak. Namun begitu, hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi  sejumlah  pemerhati lingkungan yang ada di Kota Ternate.

Salah seorang aktifis lingkungan, Iskarmain, mengatakan, dirinya sangat prihatin melihat kondisi terkini Kota Ternate. Menurutnya, Kota Ternate saat ini tampak semakin carut marut yang salah satunya disebabkan oleh  pengolahan sampah yang tidak beres.

“Perkembangan pembangunan Kota Ternate termasuk pengelolaan Taman Wisata tergolong pesat, dan sangat berpengaruh pada tata kelola lingkungan. Maka dari itu, pemerintah harus cermat dalam penanganan  limbah. Belum lagi minimnya kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan, yang hanya akan menambah parah situasi kota,” ucap Iskarmain.

Saat ini, pemandangan buruk mewarnai Kelurahan Makasar timur. Gunungan sampah memenuhi kawasan yang sebagian besar penduduknya hidup di atas air atau  yang tinggal di rumah panggung (rumah tobo-tobo).

Menurut warga setempat, limbah rumah tangga ini bukan hanya limbah yang berasal dari pemukiman, sebagian besar adalah sampah kiriman. (Ila)

Berita Terkait

00036993

Total pengunjung : 36993
Hits hari ini : 80
Total Hits : 170229
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)