03 Desember 2018 | dilihat: 97 Kali
Jembatan Penghubung Kota dan Kabupaten Maluku Tenggara Roboh & Lumpuh Total.
noeh21
Jembatan (Fair) yang Roboh dan Lumpuh Total
Tual adalah salah satu kota yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, dihebohkan dengan putusnya tali kawat sling yang menyebabkan jembatan penyebrangan yang menjadi sarana penghubung utama antara Dusun Fair dan Taman Wat Whan Kabupaten Malra mengalami lumpuh total pada Sabtu, (01/12/2018).

WartaOne.net | berdasarkan keterangan warga dan hasil pemantauan di lapangan pada pukul 17.45 WIT sore hari sabtu kemarin, Jembatan Fair rubuh karena tali sling yang menancap di tembok beton sebelah kiri putus sehingga menyebabkan jembatan tersebut putus dan ambruk ke kiri, Jembatan Fair tersebut juga sudah dibangun puluhan tahun, Sehingga besi pengikat tali atas sudah aus/berkarat yang  menyebabkan tali jembatan tersebut putus.

Rusaknya jembatan yang menjadi penghubung perjalanan dua pemerintahan antara Kota Madya Tual dan Kabupaten Malra tersebut juga, mengakibatkan jatuhnya korban jiwa warga yang sedang melintas di area tersebut diantaranya, Nursoba Ohoirenan (23 thn) seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Dusun Fair mengalami luka pada bagian Pelipis kanan karena benturan kayu jembatan, La Arif Langkaudi (25 thn) Wiraswasta, mengalami sesak nafas karena terjatuh dan meminum air laut, sedangkan Salamu Raharusun(33 thn) pria beragama Islam yang merupakan pegawai RSUD KS Langgur dan satu balita Alya yang masih berusia 9 Bulan selamat dan dibawa ke Dusun Fair.

Adapun kerugian lainnya berupa kerugian materil antara lain berupa jatuhnya dua buah sepeda motor dan nyangkut di jembatan yang sudah diangkat dengan speed.
Pada pukul 18.15 WIT sabtu kemarin telah hadir juga di TKP Bupati Malra Drs. H M Thaher Hanubun, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Kepala Pu Malra Ny.  Ana Yunus, dan Plt Kasat Pol Kota Tual untuk mengecek keadaan jembatan yang ambruk.
Bupati Malra Drs. H M Thaher Hanubun juga menghimbau agar warga tidak panik dengan kejadian robohnya jembatan tersebut dan meminta warga agar menjauhi dari jembatan.
Selain itu warga juga meminta kepada pihak Pemerintah Kotamadya Tual dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, agar dengan musibah ini pemerintah setempat dapat membangun jembatan yang lebih layak digunakan seperti jembatan utama penyambung kota dan kabupaten. (red Ali)
 
Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 128
Total Hits : 156684
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)