19 Maret 2017 | dilihat: 708 Kali
Bencana Alam Hantui Warga Kebumen, BNPB Harus Tanggap
noeh21
Tim SAR sedang mengevakuasi kendaraan warga yang terjebak banjir. Sabtu,(17/3/17)

Kebumen, wartaone.net- Cuaca buruk yang melanda beberapa daerah di Kebumen lagi-lagi menimbulkan bencana. Curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan setidaknya tiga lokasi di kecamatan Alian Kebumen yang berdampak banjir. Hal ini sebabkan sungai tidak bisa menampung derasnya air hujan.

Nur Sutanto anggota rescue yang berada ditempat kejadian setelah mendapat informasi dari radio setempat, menerangkan bahwa air bah naik ke rumah-rumah warga dengan waktu yang cukup cepat dan langsung merambah ke beberapa titik lokasi rawan banjir diantaranya adalah Seliling, Wonokromo, Sawangan dan Bandung Sruni.

“saya dapat informasi dari radi temen-temen komunitas radio RAPI sekitar jam tujuh malam, dan saya bersama tim dan komandan saya Pak Toro langsung menuju tempat terjadinya banjir yang merambat cukup cepat ke pemukiman warga”. Ujarnya Sutanto, Sabtu (17/3/17).

Dia juga menambahkan beberapa waktu yang cukup singkat yaitu antara pukul 19.00 – 21.00 WIB kedalaman genangan air bah mencapai antara 50 sampai 80cm yang mengakibatkan warga banyak yang terjebak banjir. Hal tersebut lah yang membuat warga kesulitan mengevakuasi barang-barang berharga dan ternak mereka untuk diungsikan ketempat yg lebih tinggi meski dibantu oleh tim BPDB kabupaten Kebumen yang menerjunkan 2 unit perahu karet yang dalam satu tim berjumlah 5 orang, serta disiagakan dibeberapa titik dari tim RAPI Rescue, ORARI, bersama Tim Sar dan PMI.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun warga setempat berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya BNPB Kebumen agar dapat memberi jalan keluar agar tidak terjadi lagi musibah banjir, mengingat ini adalah yang kesekian kalinya.

Dari laporan Tim Media WartaOne Biro Kebumen, banjir surut setelah hujan sedikit reda yaitu sekitar pukul 21.30 WIB waktu setempat.

Ditempat dan kejadian lain namun diwaktu yang sama juga terjadi angin ribut disertai hujan lebat yang maengakibatkan hal-hal berikut :

  1. Dukuh Kauman Desa Kutosari Kebumen, atap rumah asbes berterbangan, diantara lain rumah, milik Sdr. Mitro, RT 04/02 Kutosari Kebumen, Sdr. Herman, RT 04/02 Kutosari Kebumen, PAUD RT 04/02 Kutosari Kebumen
  2. Jl. Kauman Gang Masjid II (sebelah barat rumah Bpk R.A.I Ageng Sulistyo H, S.IP) sebuah pohon mangga tumbang dan menutup akses jalan menuju masjid Kauman Jl. Kauman depan alfa mart sebuah pohon besar tumbang.
  3. Simpang empat Jl. Bong Cina Pejagoan sebuah pohon tumbang dan mengenai jaringan PLN
  4. RT 3 RW 3 Desa Pejagoan pohon tumbang menimpa Canopi rumah milik pak Amir dan ruas jalan

Dilokasi lain juga dan masih di waktu yang sama, yaitu Kedung Weru Rt.01/01 kecamatan Karang Sambung terdapat dua lokasi longsor dan tiga lokasi yang kondisinya nyaris longsor.

Menurut salah seorang warga yang terkena musibah longsor, mereka juga sudah menyampaikan laporan akan tetapi belum ada tindak lanjut dari pihak terkait, sampai berita ini diturunkan team penyelamat, relawan, BPBD, RAPi rescue, orari, sar lang perkasa, dan PMI masih bertugas membantu warga-warga yang membutuhkan. (P66/N26)

Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 135
Total Hits : 156691
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)