23 November 2016 | dilihat: 1014 Kali
2017, Pabrik PTSB II Segera Beroperasi
noeh21
Foto: Ist

WartaOne, Baturaja - Direktur Utama (Dirut) PTSB (Persero), Ir H Pamudji Rahardjo, melalui rilis persnya, Minggu (13/11) menyampaikan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan pabrik Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen di Baturaja. Pembangunan ini sendiri dijadwalkan akan diselesaikan pada akhir semester 1 2017. 

Dia menyebutkan, proyek pembangunan pabrik Baturaja II ini memerlukan dana sekitar Rp3,4 triliun dan pendanaannya berasal dari dana IPO (Initial Public Offering) sebesar Rp1,27 triliun, pinjaman perbankan sebesar Rp1,3 triliun dan sisanya menggunakan dana sendiri.

“Sekarang ini kita dihadapkan kondisi industri semen nasional masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Akhir kuartal III hanya mencatatkan pertumbuhan penjualan 3,8 persen. Data dari asosiasi indonesia menunjukkan bahwa total suplay semen nasional dengan kuartal III 2016 mencapai 43,1 juta ton semen. Sementara total konsumsi semen nasional diperkirakan mencapai 45,9 juta ton semen,” ungkapnya.

Menurut dia, kondisi ini memberikan tekanan kepada seluruh produsen semen di Indonesia untuk berusaha memperluas pangsa pasar dengan berbagai cara. Belum lagi diproyeksikan dengan mulai beroperasinya pabrik-pabrik baru dan masuknya produsen semen asing hingga akhir 2016, kapasitas produksi/suplai semen nasional diperkirakan akan meningkat menjadi 77,62 juta ton semen per/tahun, bahkan tahun 2017 diperkirakan akan meningkat menjadi 96,23 juta ton semen per/tahun.

“Tidak terkecuali PTSB yang ikut merasakan dampak dari lesunya industri semen nasional. Tekanan ini tidak berhenti hanya di situ saja, dimana 2017 mendatang ketika pabrik Baturaja II selesai dibangun dan siap beroperasi secara komersil, maka tanggung jawab yang diemban akan semakin berat. Namun, manajemen berkeyakinan dengan kerjasama yang solid, kinerja perusahaan akan dapat didongkrak dan dapat melalui setiap tantangan secara bersama-sama,” ujar Pamudji.

Walaupun demikian, kata Pamudji, keluarga besar PTSB patut bersyukur karena pencapaian kinerja perusahaan milik negara ini tetap mencapat banyak apresiasi baik dari pemerintah, publuk maupun dari berbagai pihak antara lain perusahaan dengan predikat “sangat bagus” dalam kategori BUMN industri non keuangan dari masajalah Infobank, perusahaan peringkat ke-2 usaha semen sektor industri dasar dan kimia pada Anugerah perusahaan terbuka (tbk) ke-III oleh majalah Ekonomic Review dan IPMI, serta penghargaan the fastest asset growth company in cement insudtry kategori silver pada Indonesia Living Legend Companies Award dari harian Warta Ekonomi.

Selanjutnya PTSB juga meraih peringkat I BUMN terbaik bidang non keuangan sektor industri semendari majalah Investor, pernghargaan sebagai BUMN paling tertib membayar iuran, kepesertaan dan iuran terbanyak dari BPJS Kesehatan.

Sementara Humas PTSB Baturaja, Gili Aprial Braja menyampaikan, perayaan HUT ke-42 dilaksanakan di tiga wilayah pabrik yaitu Palembang, Baturaja dan Lampung. Acara ramah tamah di site Lampung dilaksanakan pada 7 November, Palembang 9 November dan acara puncak digelar di Islamic Center Baturaja, Minggu (13/11) malam. Acara akan dihadiri jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Karyawan dan Purnabhakti PTSB bersama seluruh unsur muspida dan mitra kerja.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan berupa olahraga pertandingan tenis lapangan, bulutangkis, futsall, volley, gaple, tenis meja. Kemudian kegiatan kesenian seperti festival rebana dan perlombaan karaoke. Kegiatan kerohanian seperti festival anak soleh dan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan diantaranya pemberian santunan pendidikan dan donor darah.

“Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi diantara keluarga besar PTSB dengan masyarakat dan mitra,” paparnya sembari mengatakan, Senin (14/11) PTSB akan pemberian tanda jasa dan setya karya kepada karyawan PTSB yang mempunyai masa bakti kerja 10 hingga 35 tahun yang dipusatkan di Baturaja, sebagai penutup rangkaian acara.

Gili juga menjelaskan, pada peringatan HUT PTSB ke-42 ini, perusahaan milik negara ini mengangkat tema “Always Growing for A Batter Future” dengan harapan PTSB akan terus maju dan berkembang di masa yang akan datang sesuai visi perusahaan. “PTSB sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak 42 tahun yang lalu, telah banyak mengalami dinamika dan perubahan diberbagai bidang, baik bidang operasi, keuangan dan bidang-bidang lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan coporate value,” terangnya.

Masih kata dia, seiring dengan peningkatan kinerja perusahaan, maka kontribusi PTSB untuk stakeholder akan meningkat, salah satunya yakni program CSR kepada masyarakat. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bidang CSR selama 2016 adalah sebagai sponsor gerakan bank sampah Baturaja, pemberian sembako gratis dan pasar sembako murah, bantuan beasiswa dan fasilitas bagi sekolah, serta perguruan tinggi.

Kemudian bantuan pembangunan dan renovasi rumah ibadah, bantuan hewan kurban, bantuan pelatihan keterampilan, penanaman dan pemberian bibit pohon, bantuan bencana alam, bantuan pembangunan perbaikan penambahan sarana dan prasarana umum, bantuan peningkatan kesehatan, serta pembinaan usaha kecil, menengah dan koperasi. (Fit)

Berita Terkait

00031353

Total pengunjung : 31353
Hits hari ini : 141
Total Hits : 156697
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)