23 Maret 2017 | dilihat: 1237 Kali
UMMU Gelar Seminar  Nasional Anti Narkoba
noeh21
doc wartaone

WartaOne, Ternate - Malut - Saat ini maraknya penyebaran narkoba di negeri kita bisa dikatakan hampir mencapai tingkat kritis, pasalnya tidak hanya di kawasan kota saja bahkan narkoba masuk ke pelosok-pelosok atau pedesaan. Narkoba sama menghawatirkannya dengan korupsi, kedua hal tersebut yang membobrok nilai moral bangsa kita. Kamis tanggal 23 Maret pihak Muhammadiyah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara. Kegiatan seminar nasional dengan tema sentralnya “Penguatan Peran Civil Society” yang di inisiasi oleh UMMU Maluku Utara ini melibatkan berbagai lembaga dan LSM Kemasyarakatan. Pada seminar nasional anti narkoba ini dihadiri juga oleh mahasiswa dari beberapa Universitas, dan siswa-siswi se-kota Ternate sebagai peserta seminar. 

Dari pantauan WartaOne, hal yang menarik dalam acara seminar ini adalah pihak Muhammadiyah dan BNN Malut turut melibatkan dua kesultanan yakni; kesultanan Tidore dan Ternate. Yang menjadi narasumber dalam seminar anti narkoba yakni Kepala BBN RI, Budi Waseso dan Kapolda Maluku Utara serta Sri Sultan Tidore. 

Ketua Panitia, Bapak Hasanudin mengatakan sebelum dan pasca dari kegiatan Seminar Nasional anti narkoba pihak Muhammadiyah Maluku Utara menargetkan tiga hal pokok yang menjadi substansi dasar dari kegiatan ini yaitu:  1), Pandangan bangsa kedepan dalam pergaulan Masyarakat Ekonomi Asian itu seperti apa. 2), Membangun kesadaran akan bahaya narkoba. 3), Memperkuat peran dan posisi Polri dalam pemberatasan narkoba. Untuk memerangi narkoba ini kita butuh penguatan peran civil society, artinya peran pemangkuh adat dan masyarakat adat juga penting untuk mencegah akan bahaya narkoba. Sehingga kearifan lokal juga menjadi lokomotif dalam pemberantasan narkoba dan menjadi tanggungjawab bersama. Selaman ini yang kita ketahui bahwa tanggungjawab memerangi narkoba ini hanya pihak Kepolisian dan BNN. Ungkapnya.

Usai seminar nasional di Dafam Hotel Bella Internasional, rombongan BNN Pusat, Budi Waseso dan stafnya bertolak menuju ke Keraton Kesultanan Ternate. Kedangan BNN Pusat dan BNN Maluku Utara, guna mengukuhkan masyarakat adat kota Ternate yang diwakili oleh perangkat adat Kesultanan. Setelah pengukuhan oleh Kepala BNN RI, Budi Waseso pun menyampaikan arahan atau sambutan terkait dengan pentingnya peran masyarakat terutama pemangkuh adat kesultanan Ternate dalam memerangi narkoba. 

Kepala BNN Maluku Utara  Brigjen Pol Drs. Richard M. Nainggolan, MM.MBA berharap agar peran aktif dari pihak Kesultanan dan masyarakat Ternate dalam berkomitmen untuk bersama-sama melakukan sosialisasi, pencegahan terhadap bahaya narkoba serta bersama-sama dalam pemberantasan narkoba di bumi Moloku Kie Raha.  (Asrul).

Berita Terkait

00031404

Total pengunjung : 31404
Hits hari ini : 293
Total Hits : 156849
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)