16 Februari 2017 | dilihat: 1116 Kali
Pilkada Kabupaten Pulau Morotai Berjalan Sejuk
noeh21
(Ist)

WartaOne, Morotai – Pada Pilkada hari ini, Rabu (15/02/2017) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara terdapat tiga pasangan calon yang memperebutkan kursi Bupati dan Wakilnya. Rakyat Pulau Morotai berbondong-bondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak politiknya.

Suara rakyat hari ini menjadi penentu siapa yang  akan menjadi Kepala Daerah untuk lima tahun ke depan. Tiga pasangan  calon yang bertarung memperebutkan kursi Bupati dan Wakilnya adalah, pasangan Benny Laos-Asrun Padoma (Balap), M Ali Sangaji-Yulce Makasarat (Ali-Yuk) dan Ramli Yaman-Adjan Djaguna (Radja).

Pasangan independen, Ramli Yaman-Adjan Djaguna (Radja) mengaku bahwa mereka tidak melakukan survei, apalagi  mengandalkan lembaga survei seperti yang dilakukan oleh paslon Balap dan Ali-Yuk.

“Kami yakin program Radja tentang Kartu Morotai Sehat yang dicetak sebanyak 36 ribu mendapat sambutan dari  masyarakat yang datang dan mengambil sendiri ke posko pemenangan Radja,” ucap Iwan Suleman kepada media, Selasa (14/02).

Menurut Iwan, jumlah pemilih Morotai sebanyak 46.653 orang yang tersebar di  88 Desa yang ada dalam 5 daerah pemilihan. 

“Kalau dihitung dari DPT 46 ribu, maka Radja sudah kantongi 36 ribu. Karena itu, kami optimis meraih kemenangan,” lanjutnya. 

Sementara itu, Pasangan Balap, yang diusung oleh Partai Golkar, PDIP, NasDem, Gerindra, Partai Demokrat, PKPI dan PKB ini mengandalkan Lingkar Survei Indonesia (LSI) Network yang diirilis pekan lalu, dan mengklaim  kemenangannya di Pilkada Morotai.

Menurut  tim sukses Balap, Makmur Gamgulu, hasil survei tersebut menunjukkan dukungan terhadap Balap  mencapai 56,2 persen. 

“Lebih besar dari gabungan dukungan pasangan Ali-Yuk dan pasangan Radja,” ucap Makmur Gamgulu, Selasa (14/2). 

Pasangan nomor urut 2, Ali-Yuk yang didukung oleh PKS dan PAN sangat optimis dapat keluar sebagai pemenang dan segera menduduki kursi Bupati Morotai.

“Berdasarkan hasil survei terakhir yang dirilis Aliansi Anak Negeri (AAN),  Ali-Yuk menang dengan perolehan suara 45,7 persen. Disusul Balap 36,2 persen dan Radja 13,5 persen," terang  tim sukses Ali-Yuk, Abdullah Tontona.

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba meninjau langsung perhelatan serentak tersebut. Bersama dengan Ketua KPU, Bawaslu, Kapolda, Kajati, Danrem dan Ketua Pengadilan. Dalam lawatannya, Ia mengingatkan penyelenggara Pemilu untuk bekerja netral mempedomani aturan dan tetap berkoordinasi dengan penyelenggara di tingkat atasnya.

"Jangan ada suara masyarakat yang berpindah tangan, apalagi hilang," pesan Abdul Gani Kasuba.

Lebih jauh menurut petinggi PKS ini, masyarakat maupun tim tidak akan melakukan hal-hal di luar batas kewajaran, jika paslon dapat mengendalikan timnya.

“Karena itu, paslon harus berkomitmen menjadikan pilkada kali ini damai dan berkualitas. ”Paslon jangan hanya siap menang, tapi juga siap kalah. Sehingga ketika ada yang ditetapkan menang, paslon lain siap mendukung pemerintahan yang dipimpin berikutnya,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolda Malut Kombes Pol Immanuel Larosa dan Danrem 152/Babullah  Kolonel Inf Sachono juga menegaskan, semua anggota sudah disiagakan untuk mengamankan pilkada.

“Jika tugas dijalankan sesuai protap, maka tidak akan terjadi masalah yang tak diinginkan. Untuk itu kita sudah berkomitmen untuk menciptakan pilkada yang bersih dan aman. Hendaknya semua pihak dapat membantu mengamankan pilkada agar terhindar dari konflik," tegas Immanuel Larosa dan Sachono.

Sementara itu, Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo menghimbau KPU Kabupaten, PPK, KPPS dan PPS agar tidak terlibat politik praktis dan berpihak pada salah satu kandidat.

"Saya sudah instruksikan kepada penyelenggara tingkat bawah untuk tetap bersikap netral, agar tujuan menciptakan pilkada yang berkualitas bisa terwujud," tuturnya. (Inggrith/Mhyr)

Berita Terkait

00036988

Total pengunjung : 36988
Hits hari ini : 60
Total Hits : 170209
Pengunjung Online : 1

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jl. Utan Kayu Raya No. 25 Matraman
Telp/Fax: 021-2298 5718 Jakarta Timur 13120
Rek. Mandiri: 006-00-0270782-0
(an. PT Olan Cali Shanzaki Putra)